Belajar Konservasi di Desa Arborek Raja Ampat

September 25, 2015 Josefine Yaputri

Kepulauan Raja Ampat tidak hanya terkenal sebagai tempat berlibur atau tempat melakukan olahraga air seperti snorkeling dan diving saja. Di kepulauan cantik ini, Anda juga bisa belajar lebih banyak tentang konservasi, salah satunya di Desa Arborek.

Sumber: Detik Travel

Merupakan salah satu dari 18 desa yang berada di Provinsi Papua Barat, Desa Arborek telah menjadi pusat perhatian, tidak hanya di Indonesia, tapi juga di masyarakat global karena kepeduliannya akan konservasi. Berada jauh di ujung timur Indonesia, masyarakat Desa Arborek sangat peduli akan konservasi alam Raja Ampat. Meskipun dikatakan berbasis masyarakat, kegiatan konservasi masyarakat Desa Arborek pun tidak lepas dari peran pihak-pihak lain, seperti pemerintah pusat, pemerintah daerah, berbagai pusat penelitian,  hingga organisasi non-pemerintah. Bahkan, masyarakat Desa Arborek telah berhasil 'menerbitkan' peraturan daerah serta penamaan kawasan konservasi mereka, yaitu Mambarayup dan Indip. Saat Anda tiba di Desa Arborek, Anda pun akan terkejut dengan keindahan lautnya yang begitu jernih seperti kaca sehingga seluruh biota laut dapat terlihat dengan jelas dari atas permukaan laut.

Sumber: Dan Flying Solo

Sumber: Suzy Walker

Sumber: Indonesia Travel

Sumber: Flickr

Sumber: Suzy Walker

Jika Anda senang diving, di sepanjang dermaga atau jetty Desa Arborek pun Anda bisa menemukan keindahan Raja Ampat yang sebenarnya hanya dengan kedalaman beberapa meter saja. Grivy.com jamin, Anda akan terpesona dengan keindahan Gorgonia yang berada persis di bawah permukaan air yang cukup dangkal. Tidak hanya memiliki surga bawah laut, seluruh masyarakat Desa Arborek pun sangat ramah, dari anak kecil hingga orang dewasanya. Dan bila Anda ingin membeli oleh-oleh, Anda pun bisa membeli kerajinan tangan berupa topi anyaman dan noken atau tas tali khas Papua yang dibuat oleh mama-mama atau ibu-ibu di Desa Arborek. Hidup dengan amat sederhana, Anda bisa belajar banyak mengenai konservasi di Desa Arborek, Raja Ampat.

Previous Article
7 Destinasi Wisata yang WAJIB Anda Kunjungi di Sulawesi Selatan
7 Destinasi Wisata yang WAJIB Anda Kunjungi di Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan terkenal akan Kota Makassar yang memiliki banyak kuliner lezat serta Tana Toraja yang begi...

Next Article
Ke Bali Utara? Menginaplah di Bondalem Beach Club
Ke Bali Utara? Menginaplah di Bondalem Beach Club

Satu lagi, rekomendasi penginapan untuk Anda di Bali utara.

Want more?

Visit our site

Discover