Berwisata ke Pulau yang Tidak Pernah Beristirahat

September 9, 2015 Josefine Yaputri
Mungkin Anda bingung, tapi di Pulau Onrust, Kepulauan Seribu, pantai bukanlah daya tarik utamanya. Di pulau ini, wisata sejarah dan wisata arkeologi menjadi daya tarik utama.

Sumber: Khatulistiwa

Sebagai salah satu pulau yang menjadi gugusan Kepulauan Seribu, Pulau Onrust berada dekat dengan Pulau Bidadari. Secara harafiah, kata 'onrust' diambil dari Bahasa Belanda yang berarti 'tidak pernah beristirahat'. Akan tetapi, ada pula yang menyebutkan bahwa pulau tersebut dinamai dari salah satu penghuninya, yaitu Baas Onrust Cornelis van der Walck. Pada zaman penjajahan Belanda, rakyat yang tinggal di sekitar pulau menyebut pulau ini sebagai Pulau Kapal karena pada masanya, banyak kapal-kapal Belanda yang mengunjungi pulau ini sebelum akhirnya menuju Batavia atau yang sekarang menjadi Jakarta. Di pulau ini, Anda dapat melihat banyak peninggalan arkeologi dari zaman penjajahan Belanda.

Sumber: Indonesia Travel

Sumber: Khatulistiwa

Sumber: Project Berbagi

Saat berwisata ke Pulau Onrust, Anda dapat melihat sebuah rumah tua yang masih utuh hingga akhirnya dijadikan Museum Pulau Onrust. Anda pun juga dapat melihat bangunan-bangunan peninggalan zaman penjajahan Belanda yang lain, seperti benteng dan pelabuhan kuno. Selain itu, Anda juga dapat melihat sebuah makam yang konon merupakan makam dari pemimpin Pemberontakan DI/TII, yaitu S.M. Kartosoewirjo. Karena berbagai peninggalan zaman penjajahan Belanda yang dimilikinya, beberapa orang yang menyebut pulau ini angker. Berani ke sini?

Ingin berwisata ke Pulau Onrust?

Previous Article
Pulau Kahyangan: Pulau Bersejarah di Kepulauan Seribu
Pulau Kahyangan: Pulau Bersejarah di Kepulauan Seribu

Mari berwisata ke pulau bersejarah lainnya di Kepulauan Seribu, yaitu Pulau Kahyangan.

Next Article
Wisata Pantai dan Sejarah di Pulau Kelor
Wisata Pantai dan Sejarah di Pulau Kelor

Yuk, berwisata pantai dan sejarah di Pulau Kelor!

Want more?

Visit our site

Discover