Camping, Yuk!

April 8, 2016 Fani Rachmita

Pergi camping untuk pertama kalinya? Jangan panik dulu dan jangan terintimidasi. Pergi kemping sangat simple, murah dan menyenangkan!

(source: wikipedia)

Banyak orang mengira kalau berkemah akan mengeluarkan lebih banyak uang, tidak nyaman dan tidak aman. Namun dengan banyak bumi perkemahan yang menawarkan lingkungan yang lebih bersahabat saat ini, sayang rasanya bila Anda tidak mencoba pengalaman mengesankan yang sulit terlupakan ini.

Bayangkan saja, Anda akan menemui ketenangan dari alam sekitar tanpa gangguan peralatan elektronik. Tidur di bawah naungan bintang dan gemercik cahaya api unggun yang menghangatkan dan romantis.

Untuk lokasi, tempat yang paling camp-able adalah dengan mendatangi taman nasional. Do some research first untuk bisa bersiap dengan keadaan terburuk seperti toilet yang tidak bersih atau gangguan serangga yang masif. Anda juga bisa memilih campsite yang lebih ter-organize dengan toilet, kamar mandi dan sumber air bersih yang mudah. Di campsite terorganisir ini kebanyakan juga mempunyai api unggun dan juga menyediakan barbeque grill untuk acara api unggun Anda.

Sudah siap untuk berkemah? Nah, berikut ini beberapa peralatan dasar harus Anda persiapkan. Pilihannya tak terbatas, Anda bisa beli atau dapatkan peralatan ini dengan harga paling murah atau yang paling mahal sekalipun. Berkemah adalah tentang baik atau buruknya cuaca. Selama cuaca bagus, Anda akan bisa menikmati asyiknya berkemah. Investasi pada peralatan kemah untuk trip jangka panjang juga bisa Anda lakukan. Ini akan menambah kenyamanan trip Anda.

 

Sleeping Bag

Pilih sleeping bag yang sesuai dengan suhu di tempat Anda berkemah. Sleeping masa kini sudah dilengkapi dengan pengukur temperatur yang bisa membuat tubuh Anda menjadi hangat di tengah malam dingin alam terbuka. Untuk kenyamanan, tambahkan 10 derajat saat memilih sleeping bag dengan temperatur agar tepat dengan suhu di tempat Anda berkemah.

 

Tenda

Beli atau sewa tenda sesuai kapasitas. Bila Anda ingin membawa tenda yang ringan dan cukup untuk menampung 2 orang, memilih tenda untuk 2 orang memang sudah cukup, namun siap-siap untuk tidak punya space sama sekali untuk leluasa bergerak. Yang paling baik, tambahkan kelipatan 1 untuk setiap tenda. Bila Anda pergi berdua beli atau sewa tenda untuk 3 orang agar lebih nyaman dan leluasa.

 


Penerangan

Penerangan adalah hal paling esensial dalam berkemah. Nantinya cahaya yang Anda dapatkan di sekitar tenda akan sangat minim. Siapkan LED headlight, tidak perlu yang mahal, agar Anda bisa leluasa berjalan ke luar tenda. Jangan bergantung pada api unggun, bawa lampu minyak tanah atau lentera dengan lampu LED untuk menerangi area sekitar kemah. Anda mungkin juga ingin membawa tali untuk menggantung lentera.

 

P3K

Saat menyiapkan makanan, berjalan dalam gelap, pergi hiking atau hanya berdiri di luar tenda, Anda bisa mendapat luka kecil terkena ranting, bentol dari serangga dan sebagainya. Karenanya jangan lupa untuk membawa peralatan kesehatan basic seperti plester luka, betadine dan bug spray.

 

Diskon 40% Glamorous Camping plus Fun Rafting untuk 2 hari 1 malam dari Bravo Adventure

 

 

 

 

 

 

Previous Article
7 Deal Menarik dari Grivy Bagi Anda Pelanggan Telkomsel
7 Deal Menarik dari Grivy Bagi Anda Pelanggan Telkomsel

Hanya dengan menukar 20 poin Telkomsel Anda, dapatkan beragam deal menarik seperti promo Buy 1 Get 1 Free d...

Next Article
Jelajah Bangunan Retro di Jakarta
Jelajah Bangunan Retro di Jakarta

Keunikan bangunan hingga nuansa jadul yang kental menjadi alasan kenapa bangunan atau destinasi wisata deng...

Want more?

Visit our site

Discover