Didaulat Menjadi Bali ke-11, Ini Daya Tarik Taman Nasional Tanjung Puting!

September 5, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.twofishtraveling.com

Apa yang terlintas dalam benak saat mendengar kata “Bali”? Sebagian besar, pasti teringat deretan pantai cantik dan tempat nongkrong-nya yang asyik. Namun, bagaimana dengan Taman Nasional Tanjung Puting?

Terletak di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, sebagian orang mengenal Taman Nasional Tanjung Puting sebagai habitat asli orangutan. Tidak heran, hampir seluruh kawasannya didominasi oleh hutan tropis, sebagai “rumah” bagi hewan asli Indonesia. Nah, ada yang menarik. Tahukah Anda kalau baru-baru ini, Taman Nasional Tanjung Puting tengah diusulkan menjadi Bali ke-11?

Usulan tersebut bukan tanpa sebab. Pasalnya, Indonesia sudah memiliki sepuluh kandidat “Bali baru” seperti danau (Danau Toba-Sumatera Utara), pantai (Belitung-Babel, Tanjung Lesung-Banten, Kepulauan Seribu-DKI Jakarta, Mandalika-Lombok NTB, Pulau Komodo-NTT, Taman Nasional Wakatobi-Sulawesi Tenggara, dan Morotai-Maluku Utara), gunung (Gunung Bromo-Jatim), atraksi budaya (Candi Borobudur-Jateng), tetapi belum memiliki kategori hutan. Padahal, provinsi Kalimantan Tengah sendiri dikenal sebagai “paru-paru dunia”, yang juga memiliki orangutan sebagai satwa yang dilindungi.

Perihal wisatawan, jumlah turis yang datang ke sana di tahun 2014 mencapai 25.145 orang (15.170 wisatawan asing dan 9.975 wisatawan lokal). Adapun jumlah ini terus mengalami peningkatan, sebab Taman Nasional Tanjung Puting merupakan salah satu destinasi wisata yang bertaraf internasional.

 

Terus Berbenah

Ilustrasi: www.pesonaindo.com

Ketika mengunjungi Taman Nasional Tanjung Puting, Anda akan disuguhkan dengan kawasan hutan alam yang berdiri di atas gambut. Di sana, ada pula aliran sungai hitam, serta area konservasi orangutan seluas 500 ribu hektare. Setidaknya, dengan area seluas itu, ada sekitar 5 ribu orangutan yang dipelihara dan dilindungi.

Adapun untuk mewujudkan masuknya TN Tanjung Puting dalam kategori Bali ke-11, Kalimantan Tengah terus berbenah. Salah satunya, dengan membentuk tim percepatan pembangunan Kalteng.

Previous Article
Inilah 5 Jalur Kereta Paling Indah di Dunia!
Inilah 5 Jalur Kereta Paling Indah di Dunia!

Deretan pohon, pegunungan, hingga panorama laut dan tebing cantik akan menjadi teman Anda selama melakukan ...

Next Article
Indahnya Pesona Dancing Fountain Siap Menyemarakkan Tugu Muda, Semarang!
Indahnya Pesona Dancing Fountain Siap Menyemarakkan Tugu Muda, Semarang!

Warga Semarang patut berbangga. Dikenal sebagai kawasan yang “ramah wisatawan”, baru-baru ini ada fitur bar...

Want more?

Visit our site

Discover