Diving & Snorkeling Spot Terbaik di Karimun Jawa

October 30, 2015 Elfida

Karimun Jawa merupakan gugusan pulau yang sangat indah di sisi barat laut Jepara, terdiri dari 27 pulau dalam 1 kecamatan yang terbagi dalam 3 desa. Karena keindahan pemandangan alam dan kekayaan biota lautnya, Karimun Jawa dikembangkan sebagai objek wisata taman laut yang menarik banyak wisatawan.

Aktivitas utama ketika mengunjungi Karimun Jawa adalah snorkeling dan diving. Berikut tempat paling menarik untuk melakukan 2 kegiatan tadi, di Karimun Jawa:

Sumber: panduanwisata.id

PULAU KRAKAL

Cantik dan menenangkan, itulah kesan yang akan Anda rasakan dari pulau ini. Tidak hanya menjadi spot snorkeling seru, namun juga spot piknik, berfoto, sampai berburu kepiting di malam hari dapat dilakukan di sini. Serunya lagi, Anda juga akan menemui beberapa jenis ikan dan biota laut lain yang unik dan aneh di malam hari, tepatnya di lekukan-lekukan pasir yang hanya menyisakan sedikit air.

 

Sumber: aryslagoon.com

PULAU CILIK

Di sini terdapat gosong atau gosongan, yaitu daratan pasir tanpa vegetasi apa pun. Gosong di pulau ini merupakan lokasi foto paling diincar para pelancong di Karimun Jawa. Selain itu, wilayah perairan di Pulau Cilik yang jernih juga menjadi spot snorkeling favorit, di mana Anda akan menemukan banyak angelfish atau ikan layar serta aneka terumbu kerang yang masih sehat dan cantik. 

 

Sumber: travel.detik.com

PULAU MENJANGAN KECIL

Nikmati keindahan terumbu karang pantai (fringing reef) di pulau seluas 46 hektar ini. Temukan juga beragam spesies ikan dan kalau beruntung, Anda juga dapat melihat ikan pari. Tersedia glass bottom boat atau perahu dengan dasar kaca untuk disewa wisatawan supaya mereka dapat menikmati keindahan pemandangan taman bawah laut yang ditawarkan.

 

Sumber: puterakarimunjawa.com

PULAU CEMARA BESAR

Banyak ditumbuhi pohon cemara membuat pulau ini terkesan teduh dan rimbun. Jenis terumbu karang yang sangat beragam terdapat di sini, seperti table coral berbentuk seperti jamur raksasa, brain coral, staghorn coral berbentuk seperti cabang pohon kering, dan terumbu karang lain berukuran lebih kecil dan berwarna-warni. Pulau Cemara Besar merupakan spot snorkeling dan diving yang bakal membuat Anda betah berlama-lama!

 

Sumber: tourkarimunjawaisland.com

PULAU TENGAH

Anda yang ingin menemukan keragaman terumbu karang, pergilah ke bagian barat pulau ini. Temukan terumbu karang jenis nudibranch, sponge, acroporidae, table coral, atau sea anemone yang merupakan surga ikan badut. 

 

Sumber: skyscanner.co.id

PULAU KEMUJAN

Kalau ingin menemukan "harta karun" selagi diving di Karimun Jawa, Pulau Kemujan tempatnya. Di sini, bukan ikan dan terumbu karang yang bakal Anda temui, melainkan bangkai kapal karam. Dulunya, kapal tersebut adalah kapal pengangkut batu bara di masa pemerintahan Hindia Belanda.

 

Paket menarik Diving Trip ke Karimun Jawa dari I - Trave

Previous Article
Jalan-Jalan Ke Timur Tengah di Jakarta
Jalan-Jalan Ke Timur Tengah di Jakarta

Punya mimpi untuk pergi ke negara-negara Timur Tengah yang eksotis? Dengan budayanya yang memesona dan tent...

Next Article
Jadi Detektif Sehari di Auxilium Escape Room
Jadi Detektif Sehari di Auxilium Escape Room

Temukan jawaban teka-teki dan kabur secepatnya!

Want more?

Visit our site

Discover