Ekowisata di Perkampungan Baduy

December 7, 2015 Elfida

Anda siap berinteraksi dan mengenal lebih jauh mengenai salah satu suku di Indonesia, yaitu Baduy? Untuk itu, bersiaplah menanggalkan segala kenyamanan yang sudah akrab dengan keseharian. Di perkampungan suku Baduy, Anda harus rela berpisah sementara dari "kenyamanan" seperti gadget untuk kembali bersatu dengan kearifan alam.

Sumber: withlocals.com

Wisata ke perkampungan Baduy bisa termasuk dalam salah satu kategori slow traveling seperti yang pernah Grivy bahas beberapa waktu lalu. Baduy merupakan sub-etnis Sunda yang hidup di Pegunungan Kendeng, Desa Kanekes, Kabupaten Lebak, Banten. Terbagi menjadi dua golongan, yaitu Baduy Dalam dan Baduy Luar dengan perbedaan mendasar terletak pada tata cara menjalankan Pikukuh atau aturan adat. Baduy Dalam masih memegang teguh Pikukuh dan menjalankannya dengan baik, sedangkan Baduy Luar sudah sedikit terpengaruh pola hidup masyarakat modern.  

Sumber: kebudayaanindonesia.net

Luas wilayahnya mencapai kurang lebih 5 ribu hektar, terdiri dari 56 kampung yang terbagi menjadi 2, yaitu Baduy Dalam yang terdiri dari 3 kampung: Kampung Cibeo, Cikartawana, dan Cikeusik. Sisanya, merupakan kampung masyarakat Baduy Luar.

Sumber: pegipegi.com

Begitu sampai di Terminal Ciboleger, Anda akan disambut oleh anak-anak suku Baduy yang tampil khas dengan setelan baju berwarna hitam dan putih, mengenakan ikat kepala, dan tanpa alas kaki. Perjalanan Anda akan dimulai dengan trekking menuju Kampung Cibeo dari terminal tersebut. Seperti dijelaskan sebelumnya, Kampung Cibeo adalah wilayah Baduy Dalam. Anda harus menyeberangi jembatan yang cukup rumit dan merupakan pemisah antara wilayah Baduy Luar dengan Baduy Dalam.

Sumber: lidibiru67.com

Anda akan diajak menginap di kampung Baduy Dalam tersebut, di rumah masyarakat setempat yang masih terbuat dari kayu, bambu, ijuk, dan daun pohon aren yang diikat menggunakan tali, tanpa paku apalagi semen. Pondasinya pun terbuat dari batu kali dengan tidak menggali tanah. Hal itu dilakukan untuk tetap menjaga kelestarian alam. Di depan rumah, Anda akan mendapati lumbung padi tempat menyimpan hasil bumi. Namun, tidak ada warga Baduy yang memiliki sendiri sawah tempat mereka bercocok tanam. Semua dianggap merupakan tanah leluhur.  

Sumber: orangbaduy.com

Anda akan melewati malam di sini, tanpa listrik apalagi gadget. Waktu pun dihabiskan dengan bercengkerama dengan warga setempat, mendengar cerita mereka tentang sejarah Baduy, dan bersenda gurau. Makan dan segala aktivitas hidup lain pun disesuaikan dengan gaya hidup mereka yang begitu arif dan menghormati alam. Jadi, jangan harapkan kamar mandi dengan shower, ya.

Siap bersenang-senang di Baduy? Tersedia paket 2H1M untuk eksplorasi Baduy dari Shine Tour & Travel di bawah.

Previous Article
Yuk Kunjungi 3 Negara Ini Bersama Hewan Peliharaan Anda
Yuk Kunjungi 3 Negara Ini Bersama Hewan Peliharaan Anda

Untuk Anda, hewan peliharaan sudah tidak dianggap sebagai hanya "hewan peliharaan" namun juga sahabat setia...

Next Article
Penggemar Game of Thrones? Tempat-tempat Ini Wajib Masuk Travel Bucket List Anda
Penggemar Game of Thrones? Tempat-tempat Ini Wajib Masuk Travel Bucket List Anda

Anda salah satu penggemar Game of Thrones dan senang berpetualang? Tempat-tempat yang disebutkan di bawah ...

Want more?

Visit our site

Discover