Fort Rotterdam, Benteng Bersejarah Favorit Wisatawan Makassar

September 1, 2015 Josefine Yaputri

Selain Pantai Losari dan Rammang-Rammang, saat berwisata ke Sulawesi Selatan, masih ada banyak sekali tempat wisata yang bisa Anda kunjungi. Bila Anda seseorang yang menyukai wisata sejarah, Anda harus mengunjungi Fort Rotterdam, benteng bersejarah favorit para wisatawan yang berkunjung ke Makassar.

Sumber: Youtube

Bernama asli Benteng Ujung Pandang, Fort Rotterdam merupakan sebuah benteng peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo. Benteng ini pertama kali dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa yang kesembilan, yaitu I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa'risi' Kalonna. Pada awalnya, benteng ini dibuat dengan bahan dasar tanah liat, tapi pada masa pemerintahan Raja Gowa yang keempat belas, yaitu Sultan Alauddin, benteng ini dibangun kembali menggunakan batu padas dari Pegunungan Karst atau batu kapur yang ada di daerah Maros. Jika dilihat dari atas, benteng ini berbentuk seekor penyu yang akan merangkak turun ke lautan. Bentuk tersebut pun bukan tanpa arti, melainkan berarti bahwa Kerajaan Gowa dapat berjaya di darat dan laut, seperti halnya penyu yang dapat hidup di darat dan laut. 

Sumber: Wikipedia

Sumber: Geolocation

Sumber: Urban Capture

Sumber: Lorong Waktu

Fort Rotterdam telah menjadi benteng bersejarah favorit para wisatawan karena benteng ini terawat dengan amat baik. Saat Anda berkunjung ke sana, di pintu masuk, Anda diharuskan untuk mengisi buku tamu dan memberikan uang perawatan benteng seikhlasnya. Di kawasan benteng, Anda pun dapat berfoto di setiap sudutnya karena Fort Rotterdam begitu fotogenik dan ikonik. Anda pun juga dapat berkunjung ke Museum La Galigo yang akan membuat anda memahami lebih dalam tentang Sulawesi Selatan, khususnya Kota Makassar dan Kerajaan Gowa-Tallo. Sangat menarik untuk dikunjungi, bukan?

Previous Article
Pantai Akkarena: Primadona Senja dan Tempat Romantis di Makassar
Pantai Akkarena: Primadona Senja dan Tempat Romantis di Makassar

Satu lagi, pantai di Makassar yang harus Anda kunjungi.

Next Article
Hotel Neo Tendean: Minimalis dan Modern
Hotel Neo Tendean: Minimalis dan Modern

Anda senang segala sesuatu yang minimalis dan modern? Menginaplah di Hotel Neo Tendean.

Want more?

Visit our site

Discover