Gunung-gunung Indah untuk Pendaki Pemula

June 25, 2015 Rizka Hidayat

Kegiatan hiking atau mendaki gunung menjadi salah satu aktifitas wisata populer di Indonesia. Selain karena Indonesia memiliki banyak gunung yang dapat didaki dan di mana terdapat keindahan pemandangan dari atas gunung ketika matahari terbit (sun rise) atau ketika matahari terbenam (sun set). Terjamin semua keletihan yang kamu rasa akan terlupakan dan tidak terasa ketika kamu melihat keindahan alam yang dapat dipandang dari atas gunung.

Bagi kamu yang baru pertama kali melakukan kegiatan mendaki gunung, inilah beberapa gunung yang cocok untuk didaki oleh para pendaki pemula.

 

1. Gunung Nglanggeran, Gunungkidul, Jogjakarta

Photo credit: bukanagustapitina.wordpress.com

Gunung Nglanggeran dengan tinggi 700mdpl adalah satu-satunya gunung api purba di Jogjakarta yang terbentuk dari pembekuan magma yang terjadi kurang lebih 60 juta tahun yang lalu. Gunung Nglanggeran berlokasi di Desa Nglanggeran, Kecamatan Pathuk, Kabupaten Gunung Kidul. Adapun terdapat sebuah legenda yang dipercaya menjadi sebuah tempat untuk menghukum warga desa sekitar yang dengan ceroboh merusak wayang, Sehingga merekapun akhirnya dikutuk menjadi sosok wayang yang kemudian dibuang ke Bukit Nglanggeran. Nama gunung Nglanggeran sendiri dipetik dati sebuah kata yang berarti "Melanggar".


2. Gunung Andong, Magelang

Photo credit: www.bentara.id

Gunung yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini, hingga saat ini belum pernah mengalami aktivitas meletus seperti Gunung Merapi. Gunung Andong dengan ketinggian sekitar 1.762 mdpl tanpa diragukan akan menawarkan keindahan yang akan membuatmu takjub dengan hasil ciptaan Tuhan ketika kamu mendakinya. Walaupun masih tergolong dalam golong gunung yang berketinggian rendah, pengunjung Gunung Andong termasuk ramai. Waktu untuk mendaki Gunung Andong memakan 2 jam lamanya dan gunung tersebut dapat dinikmati oleh semua kalangan termasuk anak-anak dan orang berusia senja.


3. Gunung Papandayan, Garut

Photo credit: www.1001wisata.com

Gunung Papandayan adalah gunung dengan aktivitas volcanic yang berlokasi di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung dengan ketinggian 2.265 mdpl ini memiliki rute perjalanan yang bisa dikatakan cukup ringan dengan keindahan alam yang dapat kamu temukan sepanjang perjalanan, seperti kawah-kawah eksotis yang cocok dijadikan untuk foto untuk di posting di Instagram. Adapun kawah yang dapat kamu pandang keindahannya diantaranya adalah Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Walaupun masih tergolong gunung yang dapat didaki oleh pendaki pemula, namun jangan meremehkannya karena memakan waktu sekitar 4 jam untuk mendaki gunung tersebut.


4. Gunung Gede, Bogor

Photo credit: inisayadanhidupsaya.wordpress.com

Gunung Gede masih termasuk dalam area Taman Nasional Gede Pangrango. Letak persisnya gunung Gede adalah di Kabupaten Bogor, Cianjur dengan ketinggian 2.958 mdpl. Gunung tersebut menjadi salah satu gunung favorit para pendaki pemula maupun yang berpengalaman karena sepanjang perjalanan dapat terlihat lokasi-lokasi menarik seperti air terjun Cibeureum, sumber air panas, telaga, maupun padang edelweis alun-alun Surya Kencana. All-in-one bukan?

Tetapi, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan oleh para pendaki sebelum mendaki Gunung Gede. Salah satu hal yang penting adalah untuk membawa pakaian yang cukup dan cocok untuk udara dingin, karena di atas gunung tersebut akan terasa sangat dingin dan orang gampang terserang hipotermia yang dapat membuatmu membeku.

 

5. Gunung Prau, Dieng

Photo credit: moretiffanikoe.blogspot.com

Gunung Prau terletak di Kabupaten Wonosobo, dan berdekatan dengan lokasi wisata Dataran Tinggi Dieng (Dieng Plateau). Gunung ini memiliki trademark sebagai "Negeri di Atas Awan". Menurut ranger lokal, waktu terbaik mendaki gunung ini yaitu di bulan Agustus dan September, karena di waktu-waktu tersebut kabut jarang menutupi puncak sehingga para pendaki bisa menikmati sunset maupun sunrise serta pemandangan awan secara maksimal. Gunung Prau memiliki tinggi 2.565 mdpl, dan dianggap ideal untuk pemula. Ini karena jarak tempuh menuju puncaknya sekitar 2-4 jam, relatif lebih singkat dibandingkan dengan gunung-gunung lain.

Previous Article
Devdan Show, A Stage Full of Mesmerizing Indonesian Archipelago
Devdan Show, A Stage Full of Mesmerizing Indonesian Archipelago

Sebuah pertunjukan menakjubkan, di Bali Nusa Dua Theatre, yang mempertunjukkan ragam tari-tarian tradisiona...

Next Article
Wisata Goa SERU di Jawa
Wisata Goa SERU di Jawa

Wisata alam yang tidak kalah SERU dengan wisata pantai di Jawa, Indonesia.

Want more?

Visit our site

Discover