Gunung Rinjani; Untuk Petualang Sejati

November 5, 2015 Elfida

Sumber: vacationspotindonesia.wordpress.com

Gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia yang berada di Lombok ini menawarkan pemandangan tak terbantahkan indahnya. Jadilah orang paling beruntung saat menyaksikan alam yang begitu menakjubkan dari kaldera yang berada di puncaknya. Kaldera Gunung Rinjani memiliki keunikan tersendiri, yaitu berisi danau yang dikenal sebagai Segara Anak atau Anak Laut karena warnai airnya yang biru seperti warna air laut, juga gunung kecil yang diberi nama Gunung Baru. Dan sejauh mata memandang ke arah barat sampai timur, nikmati Pulau Bali dan Pulau Sumbawa dari ketinggian puncak gunung tersebut.

Sumber: visitrinjani.com

Gunung Rinjani adalah bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang merupakan zona transisi bio-geografis antara Asia Tenggara dengan Australia. Di sekitar lereng gunung, banyak terdapat hutan subur dengan air terjun yang megah dan menawarkan suasana luar biasa. Terdapat 2 jalur trekking untuk mencapai puncak, yaitu Desa Senaru dan Desa Sembalun Lawang. Rute paling favorit adalah Sembalun Lawang karena cenderung datar meski lebih panjang dan melewati padang savana yang menawarkan pemandangan indah dan dapat menjadi obyek foto menarik.

Beberapa spot menarik di Rinjani yang akan menjadi harta karun memori berharga seumur hidup:

Sumber: igaina.blogspot.com

1. Bukit Tiga Dara

Sebelum mencapai Desa Sembalun, mampir sebentar di bukit ini untuk menikmati pemandangan matahari terbenam.

2. Savana Sembalun

Pemandangan ini akan banyak Anda jumpai mulai dari pos 1 Desa Sembalun. Namun karena tidak ada pohon sama sekali, teriknya matahari akan terasa langsung membakar kulit.

Kolam air panas di Segara Anak

Sumber: thebackpackadventure.wordpress.com

3. Segara Anak

Tak hanya dinikmati pemandangannya, danau ini akan Anda temui di perjalanan turun. Di sini cocok untuk mendirikan camping dan kegiatan alam lain seperti memancing. Suasananya yang tenang dan magis akan memberi pengalaman tersendiri bagi jiwa.

Sumber: balitourismboard.org

4. Desa Senaru

Perjalanan turun Anda akan berakhir di Desa Senaru. Tak ada salahnya meluangkan waktu lebih lama di sini dan berinteraksi langsung dengan suku asli Sasak. Main ke air terjun Sindang Gila atau kolam renang tradisional Tumpasan Senaru merupakan ide yang sebaiknya diwujudkan. 

Sindang Gila

Sumber: flickr.com

Tertantang untuk mendaki Gunung Rinjani? Ada paket perjalanan ke Gunung Rinjani sekaligus island hopping dan snorkeling di Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Aer dari Bravo Adventure dengan diskon besar.

Previous Article
10 Permainan Air Seru di Bali
10 Permainan Air Seru di Bali

Jangan lewatkan potongan harga menarik hanya dari Grivy untuk menikmati permainan air ini.

Next Article
Jalan-Jalan Ke Kebun Teh Terluas di Indonesia
Jalan-Jalan Ke Kebun Teh Terluas di Indonesia

Wilayah Bogor dan puncak jadi wilayah yang populer untuk perkebunan teh. Padahal ada satu perkebunan teh ya...

Want more?

Visit our site

Discover