Hal-hal yang Hanya Bisa Anda Saksikan di Dieng Culture Festival 2018

July 31, 2018 Chatarina Komala

Dieng Culture Festival (DCF) 2018 akan digelar sebentar lagi. Apa saja yang akan ada di sana?

Memasuki tahun ke-9, Dieng Culture Festival (DCF) 2018, kembali digelar tahun ini pada 3 sampai 5 Agustus mendatang. Nah, berbeda dengan perhelatan budaya lainnya, berikut adalah beberapa hal yang hanya bisa Anda saksikan di DCF 2018. Apa sajakah?

 

1. Ruwatan Rambut Gimbal

Ilustrasi: www.alidesta.wordpress.com

Ruwatan rambut gimbal atau upacara pemotongan rambut gimbal adalah menu utama DCF 2018. Hal ini berkaitan dengan tradisi masyarakat setempat yang percaya, anak berambut gimbal yang lahir di Dieng adalah keturunan leluhur. Konon, saking uniknya--belum ada penelitian lebih lanjut yang bisa menjawab mengapa ada anak-anak berambut gimbal lahir di Dieng. Nantinya, sebagian besar prosesi pemotongan rambut gimbal akan dilakukan di kompleks Candi Arjuna.

Nah, selain prosesi ruwatan rambut gimbal, ada pula pertunjukan seni dan tradisi, perhelatan musik jazz atas awan, pesta lampion, dan kembang api. Dijamin meriah, deh!

 

2. Festival Domba dan Bunga Calla Lily

Ilustrasi: www.napavalleyregister.com

Bisa dikatakan, inilah menu baru DCF 2018 yang belum pernah ada di tahun sebelumnya. Domba sendiri dipilih sebagai upaya untuk “mengangkat” domba di dataran tinggi Dieng yang unik; seperti berbulu lebih tebal dari jenis domba lain. Adapun selain domba, akan digelar pula pameran bunga Calla Lily yang biasa ditemui di dataran tinggi dieng.

 

3. Festival Tumpeng

Ilustrasi: www.disini.solusiukm.com

Di DCF 2018 mendatang, akan ada 50 tumpeng yang akan dikirab mengelilingi desa. Tujuannya, sebagai ucapan rasya syukur dari warga setempat. Nah, sebagai pengunjung--Anda boleh, lho, ikut serta menikmati tumpeng tersebut. Sudah senang, perut pun kenyang!

 

4. Jazz Atas Awan

Ilustrasi: www.mahdaen.tv 

Kapan lagi menikmati musik sembari berdingin-dingin ria dari ketinggian 2.093 mdpl? Nah, satu hal yang unik dari DCF adalah diselenggarakannya pertunjukan musik Jazz Atas Awan yang berlangsung dari pukul 19.30 sampai 23.00. Lokasi pertunjukaannya ada di kompleks Candi Arjuna. Wah, kalau sudah begini, paling enak duduk mendengarkan sembari ditemani segelas purwaceng atau jahe panas!

Previous Article
Jangan Keburu Panik, Ini Cara Menghadapi Bencana Alam Saat Liburan!
Jangan Keburu Panik, Ini Cara Menghadapi Bencana Alam Saat Liburan!

Kedatangan bencana memang tidak bisa ditebak. Bisa datang kapan saja, tidak terkecuali saat Anda sedang ber...

Next Article
7 Pulau Pribadi Ini Bisa Anda Sewa, Lho!
7 Pulau Pribadi Ini Bisa Anda Sewa, Lho!

Liburan di pulau pribadi kini bukan milik segelintir orang. Ini dia 7 rekomendasi pulau pribadi yang bisa A...

Want more?

Visit our site

Discover