Hutan Gunung Sindoro Terbakar, Pendaki Dilarang Naik!

September 14, 2018 Chatarina Komala

 

Ilustrasi: www.rekomendasi.org

Jumat lalu (7/9), terjadi kebakaran di hutan Gunung Sindoro, tepatnya di area perhutani Desa Canggal, Candiroto, Temanggung. Belum diketahui pasti apa penyebabnya.

Kendati musim kemarau adalah momen pas untuk mendaki gunung, Anda--para pendaki, mesti bersabar. Pasalnya, musim kemarau juga memiliki sejumlah risiko sendiri, yakni kebakaran hutan dan padang sabana. Setelah Gunung Lawu, pada Jumat lalu, kawasan hutan di Gunung Sindoro, Temanggung, Jawa Tengah terbakar. Kebakaran diketahui terjadi pukul sepuluh pagi, dengan titik awal petak X, Dusun Sibajak, Desa Canggal, Candiroto, Temanggung. Adapun demi keamanan para pendaki, serta mengantisipasi terjadinya risiko yang lebih, seluruh jalur pendakian di Gunung Sindoro akan ditutup.  

Bagi para pendaki, mengingat risiko yang cukup besar, penutupan akan berlaku hingga batas waktu yang belum ditentukan. Apalagi, seorang petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo mengatakan, hingga Sabtu (8/9) kepulan asap masih terlihat di dekat jalur pendakian Desa Sigedang, Wonosobo.

 

Area Sabana

Ilustrasi: www.tipswisata.com

Kusino, seorang asisten Perhutani Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Temanggung mengungkap, kawasan yang terbakar umumnya berupa area sabana atau yang terisi dengan alang-alang dan rerumputan. Kondisi angin yang bertiup kencang di atas gunung sendiri menyebabkan kebakaran menjalar ke kawasan hutan BKPH Wonosobo. Adapun area tersebut berada di perbatasan antara BKPH Temanggung dan Wonosobo.  

Pemadaman pun terus dilakukan secara manual, melalui kerja sama antara BPBD Temanggung, Perhutani, sejumlah relawan, dan masyarakat. Namun, karena terbatasnya air, peralatan, serta medan yang sulit dijangkau, kebakaran masih sulit dipadamkan.

 

Previous Article
Traveling Aman dan Nyaman dengan 5 Barang Ini!
Traveling Aman dan Nyaman dengan 5 Barang Ini!

Mau traveling berjalan nyaman dan aman? Jangan lupa bawa 5 barang ini, ya!

Next Article
Penerbangan Juga Bisa Jadi Tempat Bertemu Jodoh, Lho, Tidak Percaya?
Penerbangan Juga Bisa Jadi Tempat Bertemu Jodoh, Lho, Tidak Percaya?

Namanya jodoh, bisa ditemukan di mana saja. Bisa dari lingkungan kerja, sekolah, teman masa kecil, atau jus...

Want more?

Visit our site

Discover