Ini 4 Kota Utama yang Dikunjungi Aruna dalam “Aruna dan Lidahnya”

October 8, 2018 Chatarina Komala

Film garapan Edwin ini mengajak Anda menjelajahi empat “surga kuliner” Indonesia. Di mana saja?

Sembari mengadakan investigasi terhadap kasus flu burung yang ganjil, Aruna (Dian Sastro) mengajak sahabatnya, Bono (Nicholas Saputra) ikut serta dalam perjalanan kuliner. Selain mencicipi aneka makanan Nusantara untuk bahan eksperimen, perjalanan ini juga ingin menemukan resep autentik Nasi Goreng Mbok Sawal yang legendaris. Di tengah perjalanan, mereka juga dipertemukan dengan Nadezda dan Farish; dua sosok yang dalam film ini menjadi “pusat semesta” Aruna dan Bono.  

Adapun petualangan lidah dan garis takdir membawa mereka mampir di empat surga kuliner Nusantara. Di mana saja?

 

1. Surabaya

Ilustrasi: www.marketeers.com

Arek Surabaya pasti tidak asing lagi dengan Depot Anda--salah satu kedai rawon yang ada di Jalan Walikota Mustajab. Inilah persinggahan sekaligus pertemuan Aruna dan Bono, dengan Farish (rekan kerja Aruna di kantor lama) dan Nadezda (seorang kurator dan penulis buku kuliner). Di kota ini, Aruna dan kawan-kawan mengajak Anda untuk ikut serta menikmati gurih dan lezatnya rawon; serta detail kombinasi bumbu dan topping soto Lamongan yang bikin menelan ludah. Ini belum termasuk jenis makanan lain seperti rujak soto dan kacang kuah. Hal yang paling penting, jangan nonton film ini dalam keadaan lapar, ya!

 

2. Pamekasan, Madura

Ilustrasi: www.pelancongberjilbab.blogspot.com

Pamekasan adalah sebuah kabupaten yang terletak di Pulau Madura. Di kota ini, lidah Aruna dan kawan-kawan diajak menikmati kuliner campur lorjuk. Bagi yang belum tahu, makanan mirip soto ini menggunakan bahan utama kerang bambu atau lorjuk yang hanya ditemukan di pesisir Madura. Adapun seporsi campur lorjuk terdiri atas potongan lontong, soun, kacang, taoge, daging lorjuk yang dibanjur dengan kuah petis.

 

3. Pontianak

Ilustrasi: www.ahmad-fpp.student.umm.ac.id

Kota yang berada di bawah garis khatulistiwa ini memiliki pengkang; salah satu menu yang autentik dari sana. Lokasi shooting-nya sendiri ada di Pondok Pengkang, salah satu rumah makan yang legendaris dan sudah ada sejak tahun 1934. Dari segi tampilan, pengkang mirip dengan lemper yang dibungkus daun pisang dan dibakar. Hanya saja, pengkang berisi ebi dan harus dinikmati dengan sambal kerang.

 

4. Singkawang

Ilustrasi: www.misterpangalayo.com

Film ini menyajikan lanskap kota Singkawang yang cantik dengan keragaman budaya serta bangunan-bangunan klasiknya. Nah, ngomong-ngomong soal kuliner, Anda bisa menyaksikan dua kuliner yang diangkat dalam film ini. Pertama yaitu choi pan dan “mi loncat” atau “mi lempar” yang atraktif.  

Previous Article
Menurut Kepercayaan Setempat, Lokasi Ini Bisa Menyelamatkan Anda dari Efek Kiamat!
Menurut Kepercayaan Setempat, Lokasi Ini Bisa Menyelamatkan Anda dari Efek Kiamat!

Konon, ada tempat-tempat di dunia ini yang diklaim mampu menyelamatkan Anda dari efek bencana besar. Di man...

Next Article
Ini Dia Lokasi Shooting Crazy Rich Asians yang Bikin Pengin Liburan ke Singapura!
Ini Dia Lokasi Shooting Crazy Rich Asians yang Bikin Pengin Liburan ke Singapura!

Sudah nonton film “Crazy Rich Asians”? Penasaran dengan lokasi tempatnya? Ini dia ulasannya!v

Want more?

Visit our site

Discover