Ini Dia Cara Agar Tidak Kesepian Saat Solo Traveling

July 31, 2018 Chatarina Komala

Kesepian, menjadi salah satu momok yang ditakutkan bagi mereka yang ingin solo traveling. Ini dia beberapa cara untuk mengatasinya!

Setidaknya seumur hidup sekali--cobalah melakukan solo traveling. Soalnya, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Ini mulai dari kebebasan merancang dan menikmati liburan, kesempatan bertemu banyak orang, hingga melatih diri agar lebih mandiri.

Meski begitu, bagi yang belum terbiasa--solo traveling juga menyimpan risiko tersendiri. Salah satunya, ya, takut akan kesepian. Nah, jangan sampai rasa takut menghalangi diri untuk melakukan solo traveling. Berikut adalah beberapa cara mengatasinya!

 

1. Menginap di Homestay atau Dormitory

Ilustrasi: Pinterest

Selain murah, opsi penginapan ini juga memungkinkan Anda bertemu traveler lain. Sama seperti Anda, mereka juga berasal dari beragam daerah dan negara. Siapa tahu, perbincangan singkat bisa mengantarkan Anda dan mereka menjadi teman--atau bahkan sahabat.

Nah, selain dormitory, ada juga homestay atau guest house. Konsep dasarnya, memang membuat pelancong menginap di rumah warga. Nah, selain menginap di rumah mereka--cobalah untuk mengobrol atau bahkan sama-sama traveling dan berburu kuliner setempat. Jadi, nggak kesepian lagi, kan?

 

2. Mengikuti Tur

Ilustrasi: www.grand-adventures.com

Nggak harus merancang perjalanan sendiri, kok. Anda bisa ikut tur setibanya di destinasi tujuan. Bahkan, beberapa kota juga menyediakan tur gratis, lho. Nah, dengan ikut tur, Anda berkesempatan bertemu dengan pelancong lain. Nilai plus, Anda juga nggak akan buta arah--karena ada pemandu yang siap menjelaskan seluk-beluk destinasi, menunjukkan arah, dan memberikan rekomendasi.

 

3. Jadi Relawan

Ilustrasi: www.travelmassive.com

Nah, daripada sekadar jalan-jalan, nggak ada salahnya Anda mendaftarkan diri jadi relawan. Jadi, traveling Anda kali ini lebih bermanfaat. Anda bisa melakukan perjalanan ke destinasi terpencil dan memberikan bantuan kepada warga lokal. Misalnya, membantu mengajar bahasa, ikut bertani/berkebun, memberikan pelatihan kepada warga, apa pun!

 

4. Pakai Teknologi

Ilustrasi: www.imjustagirl16.co.uk

Teknologi tentu diciptakan untuk memudahkan kita di setiap lini kehidupan. Tidak terkecuali, saat traveling. Nah, rupanya ada banyak aplikasi yang membantu Anda terhubung di jalan. Misalnya, kalau sedang berada di luar negeri, Anda bisa mencoba aplikasi Tripr dan Backpackr untuk bertemu dengan pelancong lain. Sementara, kalau ingin wisata kuliner, bisa mencoba EatWith--atau Sofar Sounds untuk bertemu dengan musisi lokal yang mengadakan pertunjukan.

 

5. Latih Kemampuan Sosialisasi

Ilustrasi: www.deafinitelywanderlust.com 

Melatih kemampuan sosial dengan orang asing adalah salah satu tujuan solo traveling. Nah, di sinilah kemampuan Anda berkomunikasi harus dilatih dan diuji. Selain mengobrol dengan traveler lain, cobalah berbaur dengan warga lokal. Dijamin, rasa kesepian akan hilang dengan sendirinya.

Previous Article
7 Pulau Pribadi Ini Bisa Anda Sewa, Lho!
7 Pulau Pribadi Ini Bisa Anda Sewa, Lho!

Liburan di pulau pribadi kini bukan milik segelintir orang. Ini dia 7 rekomendasi pulau pribadi yang bisa A...

Next Article
Ini Dia Potret Embun Upas di Dataran Tinggi Dieng
Ini Dia Potret Embun Upas di Dataran Tinggi Dieng

Di Indonesia--bulan Juli dan Agustus adalah puncaknya musim kemarau. Nah, bertepatan dengan itu, ada pula f...

Want more?

Visit our site

Discover