Ini Tempat Latihan Memanjat di Jakarta

August 23, 2018 Chatarina Komala

Memanjat tebing mungkin jadi salah satu hobi yang peminatnya sedikit. Masuk dalam kategori olahraga ekstrem, pelakunya dituntut untuk senantiasa melatih teknik dan kemampuan memanjat. Ini belum termasuk keharusan untuk memiliki peralatan yang memadai. Wajar saja, soalnya risikonya tinggi!

Sayangnya, sulit untuk menemukan tempat latihan memanjat di Jakarta. Namun, kalau penasaran pengin coba, bisa langsung mendatangi empat tempat berikut. Siapa tahu ketagihan dan tertarik mencoba di tebing sungguhan.

 

1. Dinding Panjat Mapala UI

Ilustrasi: www.nismadha.wordpress.com

Tidak jauh dari Jakarta, ada Dinding Panjat Mapala UI yang bisa Anda datangi. Kampus yang juga populer dengan Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) ini juga punya area latihan wall climbing, lho. Kalau pengin coba, bisa langsung mendaftarkan diri ke sekretariat Mapala UI. Adapun pusat latihan ini terbuka untuk umum, gratis, dan terstandarisasi. Namun, Anda harus mempersiapkan perlengkapan memanjat sendiri, ya.

 

2. Jakarta Climbers

Ilustrasi: www.ilonadea.blogspot.com

Sebetulnya, Jakarta Climbers adalah nama sebuah komunitas panjat tebing. Didirikan tahun 2007, komunitas ini rutin menggelar latihan panjat dinding outdoor setiap Selasa, Kamis, dan Minggu. Ada beragam kelas dan level, mulai dari pemula, mahir, anak-anak hingga dewasa. Lokasinya ada di Plaza Festival, Kuningan, tepatnya di depan GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan. Cukup datang kalau pengin gabung.

 

3. Bremgra Indoor Climbing Gym

Ilustrasi: www.walltopia.com

Beranjak sedikit dari Jakarta, ada Bremgra Indoor Climbing Gym yang berlokasi di Jalan Raya Cilenggang No. 123, BSD City, Tangerang Selatan. Nah, sesuai namanya, dinding panjat ini ada di dalam gym alias indoor.

Setidaknya ada beberapa kategori ketinggian dinding yang bisa Anda gunakan sesuai kemampuan. Ada di area seluas 538 meter persegi, ada 39 bar pemanjatan bertali dengan 99 rute menuju puncak. Setiap rutenya, tentu punya tingkat kesulitan masing-masing.

Untuk mengasah skill, Anda juga bisa mengikuti varian kelas memanjat, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Adapun Bremgra buka mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam.

 

4. Peak to Peak Indoor Climbing

Ilustrasi: www.traveloka.com

Masih di kawasan Serpong, Tangerang Selatan--ada pula area memanjat indoor yang bisa Anda kunjungi. Jangan khawatir soal keamanannya. Pasalnya, Peak to Peak Indoor Climbing telah menerapkan standar pelatihan dari Singapore Mountaineering Federation (SMF) untuk segala kelas yang tersertifikasi. Fasilitas dan peralatan yang disediakan juga lengkap dan dijamin berkualitas. Nah, kalau Anda pemula dan penasaran ingin coba, bisa ikut program Explore Climbing dengan harga Rp95 ribu untuk nonanggota. Lokasinya ada di Jalan Raya Serpong, Ruko Sutera Niaga 1, No. 18.

Previous Article
2 Spot Bungee Jumping di Pulau Jawa Ini Wajib Banget Anda Coba!
2 Spot Bungee Jumping di Pulau Jawa Ini Wajib Banget Anda Coba!

Ingin menantang adrenalin dengan aktivitas ekstrem? Wajib coba bungee jumping (terjun lenting). Berikut dua...

Next Article
Merti Desa, Arak-arakan Ayam Panggang Unik di Purworejo
Merti Desa, Arak-arakan Ayam Panggang Unik di Purworejo

Arak-arakan tumpeng, sudah biasa. Bagaimana jika yang diarak ribuan ayam panggang plus hasil Bumi?

Want more?

Visit our site

Discover