Jadi Anak Pulau di Sangiang

September 1, 2015 Josefine Yaputri

Indonesia memiliki lebih dari 17.000 ribu pulau. Bahkan mungkin seumur hidup Anda, Anda tidak akan bisa mengunjungi semuanya. Ada terlalu banyak banyak pulau yang bisa Anda kunjungi dan jelajahi; pulau-pulau cantik yang menanti untuk dieksplorasi. Di kawasan Selat Sunda, Anda pun bisa menjelajahi salah satu pulau cantik, yaitu Pulau Sangiang.

Sumber: Backpacker Indonesia

Sebagai sebuah Taman Wisata Laut yang awalnya merupakan sebuah Cagar Alam seluas 700,35 hektar, Pulau Sangiang terletak di Selat Sunda yang berada di antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Secara administratif, pulau cantik ini terletak di wilayah Kabupaten Serang, Banten. Pada tahun 1991, Pulau Sangiang diubah menjadi Taman Wisata Laut dengan luas 720 hektar dan pada tahun 1993 luasnya diubah menjadi 528,15 hektar dengan dikeluarkannya SK Menteri Kehutanan No. 55/Kpts-II/1993. Jika Anda berada di Jakarta atau Tangerang, Anda tentu sudah pernah ke Anyer, dan Pulau Sangiang hanya berada 45 menit saja dari Anyer. Untuk bisa ke sana, Anda tinggal menyewa kapal atau perahu bermotor. Pulau Sangiang sendiri terkenal akan keindahan alamnya, terutama terumbu karang yang cantik dan berwarna-warni, serta pantainya. 

Sumber: GNFI

Sumber: Raja Wisata

Sumber: Trip Trus

Sumber: Break Time

Meski merupakan sebuah pulau yang kecil, di Pulau Sangiang terdapat sebuah perkampungan yang dihuni oleh para perantau. Kampung di Pulau Sangiang bernama Lagoon Waroo atau Lagoo Waru, dimana terdapat ada lebih dari 50 kepala keluarga yang tinggal di sana. Uniknya, di kampung ini, ada 3 bahasa yang digunakan, yaitu Bahasa Sunda, Bahasa Jawa, dan Bahasa Lampung. Di Pulau Sangiang sendiri, selain dapat bermain di pantainya yang cantik, tentu Anda juga dapat berenang dan snorkeling untuk melihat terumbu karang yang cantik. Selain itu, Anda juga dapat mengabadikan setiap bagian Pulau Sangiang yang begitu fotogenik. 

Tertarik berwisata ke Pulau Sangiang?

Previous Article
The Dreamland Luxury Villa and Spa: Kini Kemewahan Bukan Lagi Mimpi
The Dreamland Luxury Villa and Spa: Kini Kemewahan Bukan Lagi Mimpi

Berada di kawasan Uluwatu, The Dreamland Luxury Villa and Spa menawarkan kemewahan untuk setiap tamunya.

Next Article
Rekreasi di Trans Studio Makassar
Rekreasi di Trans Studio Makassar

Mari berekreasi di taman bermain yang megah, Trans Studio Makassar!

Want more?

Visit our site

Discover