Mampir ke Palembang, Jangan Lupa 6 Kuliner Ini, Ya!

August 26, 2018 Chatarina Komala

Menjadi lokasi dilangsungkannya Asian Games 2018, ini dia kuliner khas Palembang yang wajib Anda coba!

Pempek, mungkin jadi satu item yang terlintas dalam benak, saat berbicara tentang kuliner Palembang. Namun, kuliner khas kota ini bukan pempek semata, lho. Apalagi, dengan keberadaan Sungai Musi di jantung kota. Nah, kalau kebetulan Anda sedang berada di sana untuk perhelatan Asian Games atau justru sekadar berkunjung, jangan lupa cicipi enam kuliner ini, ya!

 

1. Pempek

Ilustrasi: www.wacana.co

Sudah jelas, ini adalah kuliner pertama yang wajib coba. Kendati sudah banyak cabang maupun penjualnya di kota Anda, tidak ada salahnya mencicipi rasa autentik dari kotanya langsung! Di sana, pempek biasa digoreng lebih dulu, lalu dinikmati dengan kuah cuka. Kalau pengin coba yang populer di sana, bisa juga datang ke kedai Pempek Candy. Pempek di sana identik dengan cita rasa yang garing dan renyah, tetapi empuk di dalam. Lokasinya ada di Jl. Letjen Harun Sohar No.99, Kebun Bunga, Sukarami, Kota Palembang,

 

2. Tekwan

Ilustrasi: www.kesdoe.com

Kalau di Malang ada Bakso Malang, di Palembang, ada tekwan. Bedanya, tekwan berbentuk bakso ikan yang disajikan dengan kuah bening, mi putih, dan taburan daun bawang. Adapun Anda bisa menikmati sajian ini di salah satu restoran yang cukup populer, yakni R.M. Pempek Lince. Lokasinya ada di Jl. Tugu Mulyo No. 2398, 20 Ilir D. I, Ilir Timur I, Palembang.

 

3. Mie Celor

Ilustrasi: www.kelanaku.com

Ini dia menu sarapan khas Kota Palembang. Satu hal yang unik, pembuatan mi ini tidak direbus, melainkan hanya dicelup dalam kuali berisi air panas. Nah, sebelum dinikmati, mie celor akan disajikan dengan kuah kaldu santan kental, potongan telur rebus, dan taoge.

 

4. Tempoyak

Ilustrasi: www.id.tastemade.com

Sebenarnya, tempoyak adalah sejenis sambal yang terbuat dari durian. Namun, dalam proses pembuatannya, durian ini sudah difermentasikan. Jadi, setelah matang--rasa yang dominan adalah asam, sementara aroma durian yang begitu kuat, terasa samar. Soal rasa, tempoyak ini identik dengan pedas-asamnya, jadi pas banget sebagai cocolan aneka makanan, seperti pepes, sup pindang, atau menu seafood.

 

5. Es Kacang Merah

Ilustrasi: www.pengusahasukses.com

Panas-panas, paling enak makan es kacang merah. Apalagi, kalau ditemani seporsi Pempek Palembang. Sudah menyegarkan, kandungan bahannya pun menyehatkan, lho. Jadi, dapat dua kepuasan, deh.

 

6. Pindang

Ilustrasi: www.dentistvschef.wordpress.com

Jika diibaratkan, pindang hampir mirip dengan tom yum asal Thailand. Pada dasarnya, pindang adalah sup ikan yang bercita rasa asam, manis, dan pedas. Nah, jenis ikannya sendiri bervariasi. Bisa berupa ikan patin, gabus, atau justru tulang iga. Paling enak disantap selagi hangat, ditemani seporsi nasi panas.

 

Previous Article
Yuk, Ketahui 6 Destinasi Wisata yang Mewakili Indonesia di Asian Games 2018!
Yuk, Ketahui 6 Destinasi Wisata yang Mewakili Indonesia di Asian Games 2018!

Enam destinasi wisata ini turut mewakili Indonesia di ajang Asian Games 2018.

Next Article
5 Lokasi Wisata yang Harus Banget Anda Kunjungi Saat di Palembang!
5 Lokasi Wisata yang Harus Banget Anda Kunjungi Saat di Palembang!

Ada banyak tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi saat di Palembang. Apa saja?

Want more?

Visit our site

Discover