Mari Jaga Alam dengan Mengurangi Limbah Plastik!

September 1, 2018 Chatarina Komala

 

Ilustrasi: www.bpf.co.uk

Ingin menjaga laut dan segala isinya tetap lestari sepanjang waktu? Yuk, ikut bergerak sedari sekarang. Minimal, Anda sudah berupaya mengurangi limbah plastik.

Laut yang tercemar memang bikin sedih banyak orang. Dampaknya bukan hanya soal keindahan dan keselamatan isi di dalamnya. Lebih dari itu, laut yang tercemar juga mengancam manusia, lho.

Sebetulnya, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi dampak pencemaran laut. Salah satu yang paling mudah, yakni mengurangi limbah plastik. Pasalnya, limbah plastik sendiri merupakan benda yang paling lama terurai. Bayangkan jika sampah plastik terus menumpuk dan memenuhi laut. Bentuknya sendiri beragam, mulai dari kantong plastik, alat makan, hingga yang paling populer: sedotan.

Selain mengotori laut, limbah yang masuk ke laut sendiri dapat hancur menjadi mikroplastik yang bisa saja dikonsumsi satwa liar. Tentu saja, hal ini bukan omong kosong--mengingat para peneliti menuemukan, ada mirkoplastik di sekitar 70% burung laut dan 30% penyu laut.

 

Rokok Juga Berbahaya

Ilustrasi: www.phys.org

Selain limbah plastik, rupanya limbah puntung rokok juga turut memengaruhi kadar polusi di laut. Adapun hal ini disebabkan oleh keberadaan filter pada rokok. Nah, filter sendiri banyak terbuat dari selulosa asetat, jenis plastik yang proses penguraiannya bisa memakan waktu satu dekade atau lebih.

Sayangnya, hal ini juga diikuti oleh banyaknya orang tidak bertanggung jawab yang membuang sampah filter setiap harinya. The Ocean Conservatory yang telah mensponsori pembersihan pantai selama 32 tahun, misalnya--menemukan puntung rokok sebagai barang yang paling banyak dikumpulkan. Jumlah ini bahkan mencapai sepertiga dari total sampah yang dikumpulkan.

Nah, kalau mengaku sayang alam, jangan hanya sebatas rajin mengunjungi banyak lokasi wisatanya, ya. Lebih dari itu, yuk, ikut terlibat dengan menjaga alam. Minimal, kurangi limbah plastik dan jangan buang “sampah” sembarangan.

  

Previous Article
Ini Dia Informasi yang Tidak Boleh Ditulis di Koper Anda!
Ini Dia Informasi yang Tidak Boleh Ditulis di Koper Anda!

Fungsi gantungan pengenal koper memang vital. Namun, jangan sampai menulis informasi berikut, ya!

Next Article
Yuk, Ketahui 6 Destinasi Wisata yang Mewakili Indonesia di Asian Games 2018!
Yuk, Ketahui 6 Destinasi Wisata yang Mewakili Indonesia di Asian Games 2018!

Enam destinasi wisata ini turut mewakili Indonesia di ajang Asian Games 2018.

Want more?

Visit our site

Discover