Membawa Pulang Perak dari Kotagede Yogyakarta

August 26, 2015 Josefine Yaputri

Anda senang mengoleksi perhiasan atau pajangan? Jika selama ini Anda biasa membeli pajangan dari Yogyakarta yang terbuat dari kayu atau perhiasan yang terbuat dari plastik, kini Anda bisa membawa pulang perhiasan dan pajangan yang terbuat dari perak saat berkunjung ke Yogyakarta. Berkunjunglah ke Kotagede untuk lihat lebih banyak kerajinan perak.

Sumber: Si Parjo

Menurut sejarahnya, Kotagede merupakan daerah dimana Panembahan Senopati, pendiri Kerajaan Mataram baru, mendirikan istananya pada tahun 1575. Pada tahun 1680, Kotagede kemudian direbut oleh para pasukan dari Madura. Setelahnya, istana Mataram dipindahkan ke daerah timur, yaitu Kartasura, kemudian ke tepi Sungai Solo, di Surakarta (Solo). Kotagede sendiri terletak sekitar 4 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta dan dapat ditempuh dengan berbagai kendaraan. Terlepas dari sejarahnya, kini Kotagede telah menjadi kawasan industri kerajinan perak yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Sumber: Aksara Sahaja

Sebagai daerah pinggiran Yogyakarta, Kotagede terdiri dari jalan-jalan yang sempit, dimana terdapat toko-toko perak tradisional dan rumah-rumah tua milik bangsawan dan pedagang kerajaan  yang berubin mosaik, yang berjejeran di tepi jalan. Jika Anda ingin berjalan-jalan santai, Kotagede adalah tempat yang tepat. Di Kotagede, Anda pun dapat mengunjungi beberapa workshop dimana Anda dapat melihat proses pembuatan perak menjadi perhiasan dan pajangan yang cantik dan unik. Anda dapat melihat bagaimana tangan-tangan para pengrajin perak dapat menyulap perak menjadi barang-barang cantik dengan detil yang sangat rapi. 

Sumber: Rumah 76 Jogjakarta

Setelah melihat proses pembuatan kerajinan perak di Kotagede, tentu Anda harus membeli kerajinan tersebut untuk dibawa pulang. Apalagi, perak Yogya memiliki ciri khas yang berbeda dengan kerajinan perak lainnya. Umumnya, perak Yogya berbentuk relief dengan warna putih dan hitam yang kontras. Jika Anda ingin membeli perhiasan atau aksesoris perak, Anda bisa membawa pulang gelang, kalung, cincin, anting-anting, atau bros. Sementara itu, jika Anda ingin membeli pajangan, Anda bisa membawa pulang miniatur candi yang terbuat dari perak seperti yang ada pada gambar di atas. Sangat menarik, bukan? 

Previous Article
H Sovereign Bali: Keeleganan di Kawasan Tuban
H Sovereign Bali: Keeleganan di Kawasan Tuban

Kemewahan tanpa keeleganan adalah sesuatu yang sia-sia. Di H Sovereign Bali, Anda bisa merasakan keduanya.

Next Article
Ingin Lihat Kabaret? Tidak Perlu ke Thailand, di Yogya Juga Ada!
Ingin Lihat Kabaret? Tidak Perlu ke Thailand, di Yogya Juga Ada!

Kabaret tidak hanya ada di Thailand, di Yogya juga ada, lho.

Want more?

Visit our site

Discover