Memberi Tip yang Baik dan Benar Saat Traveling

May 5, 2016 Fani Rachmita

Bahkan traveler yang paling berpengalaman pun bisa punya kesulitan dan dilema juga kesalahan saat memberi tip. Berapa banyak tip yang harus kita berikan? Ini yang sering jadi pertanyaan. Masih bingung bagaimana tata cara memberi tip yang benar? Scrolling ke bawah untuk tahu tips-nya. (sumber: independent traveler)

 

Kesalahan Paling Sering Terjadi 

Tidak memberikan tip adalah kesalahan yang paling fatal. Bila Anda tidak tahu berapa yang harus diberikan, potong 15 - 20% dari jumlah yang Anda bayarkan. Bagaimana kalau service yang diberikan tidak memuaskan Anda? Tetap beri tip 15% atau setidaknya 10%, setelah itu, tetap laporkan keluhan Anda ke yang berwenang. 

 

Mata Uang

Bila tidak ada pilihan lain, Anda boleh memberikan tips dengan mata uang asing (bukan mata uang lokal). Namun sebaiknya, usahakan untuk meninggalkan tip dengan mata uang negara Anda berlibur, Dengan memberi tip dengan mata uang asing, Anda akan merepotkan si penerima tip dan mereka harus mengeluarkan fee saat menukarkanya. 

 

Hotel vs Airbnb 

Popularitas Airbnb yang meningkat, di satu sisi tentunya membuat Anda bingung apakah harus memberi tip atau tidak, karena Airbnb pada dasarnya dimiliki oleh pemiliknya langsung. Bila demikian, tinggalkan tip Anda di sisi ranjang, jadi siapapun yang nantinya membersihkan kamar Anda, housekeeping atau si owner sendiri, akan menemukan uangnya. Dan tidak, Anda tidak "menghina" siapapun. Untuk lebih personal, Anda juga bisa meninggalkan note. 

 

Restaurant Tip 

Saat Anda memberi tip di restoran, hilangkan tax dari keseluruhan jumlah Anda, baru hitung potongan untuk tip-nya. Hitung jumlah tagihan makanan dan minuman termasuk alkohol. Bila Anda memesan wine langsung dari sommelier-nya, beri mereka tip langsung, bila server yang mengantarkan botol wine Anda, beri tip padanya. Dan bila Anda memesan cocktail sebelum makan, jangan lupa memberi tip untuk bartender di bar.

 

 

Previous Article
Hindari Sakit Saat Traveling dengan 4 Cara Ini
Hindari Sakit Saat Traveling dengan 4 Cara Ini

Banyak hal yang menjadi pemicu Anda sakit saat sedang traveling. Dari mulai perubahan iklim dan cuaca, keca...

Next Article
Traveling ke Daerah Konflik
Traveling ke Daerah Konflik

Well, beberapa orang memang mempunyai preferensi sendiri tentang destinasi travelingnya. Ada yang merasakan...

Want more?

Visit our site

Discover