Mengenal Yogyakarta Lewat Budaya Asli di Desa Tembi

April 11, 2016 Elfida Lubis

Yogyakarta juga dikenal sebagai kota budaya. Maka tak heran bila wisata budaya menjadi salah satu aktivitas wajib kalau Anda sedang berkunjung ke Yogyakarta. Wisata budaya bukan hanya memborong kerajinan tangan khas Yogyakarta lho, melainkan mengalami dan belajar langsung seni budaya serta gaya hidup masyarakat aslinya.

Foto: yogyakarta.panduanwisata.id

Desa Tembi mendapat dukungan penuh dari Kementerian Kebudayaan Indonesia sebagai salah satu desa wisata. Berada di Jalan Parangtritis Km. 8,4 Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul, desa ini menawarkan alam yang masih asri dengan jajaran rumah bergaya arsitektural khas yang sebagian darinya disulap menjadi penginapan, jalan setapak yang dibangun rapi, artistik, dan terawat, ditambah sentra aktivitas budaya yang dapat diikuti oleh pengunjung seperti belajar membatik, membuat kerajinan, memancing, bertani, dan lain sebagainya membuat Desa Tembi istimewa.

Foto: sb.ipb.ac.id

Di pagi hari, mulai aktivitas Anda dengan mengelilingi desa menggunakan andong yang disewakan. Udara segar sekaligus pemandangan indah akan menjadi menu sarapan pertama Anda, sebelum menu berikutnya yang tak kalah menggoda, yaitu kuliner khas Yogyakarta yang disajikan dengan piring daun. Setelahnya, Anda bisa melanjutkan berjalan-jalan sambil berinteraksi dengan penduduk lokal yang begitu ramah dan terbuka terhadap pengunjung desanya.

Foto: yogyakarta.panduanwista.id

Atau, Anda pun bisa melangkahkan kaki menuju Rumah Budaya Tembi. Rumah Budaya Tembi yang berada dalam rumah limasan ini memiliki jadwal rutin pertunjukan seni seperti misalnya wayang, gamelan, tarian, dan lain sebagainya. Di sana pun terdapat benda-benda seni yang dipajang, menunjukkan betapa kaya tanah Yogyakarta akan budaya nan agung. Setelah puas menikmati suguhan budaya, saatnya memuaskan perut di restoran yang secara kreatif menyuguhkan resep dari Serat Chentini. Nikmati sajian yang tidak bakal ditemukan di tempat lain, seperti misalnya Oseng Emprit, Bajing Lada Hitam, atau Opor Angsa. Jangan lupa bekali diri dengan oleh-oleh khas, seperti Keripik Bonggol Pisang yang membuktikan usaha kreatif warga setempat. 

Foto: pegipegi.com

Nikmati sisa hari Anda di tengah suara-suara jangkrik yang ditimpali dengan bunyi aliran air dari sungai yang mengalir. Siapa yang menyangka, wisata budaya dapat berubah menjadi perjalanan seromantis dan sesyahdu ini.

 

Temukan paket tur ke Desa Tembi dengan potongan harga, di sini

Previous Article
3 Kamar Hotel Ini Dilelang!
3 Kamar Hotel Ini Dilelang!

Bakal menyesal kalau sampai keduluan...

Next Article
7 Deal Menarik dari Grivy Bagi Anda Pelanggan Telkomsel
7 Deal Menarik dari Grivy Bagi Anda Pelanggan Telkomsel

Hanya dengan menukar 20 poin Telkomsel Anda, dapatkan beragam deal menarik seperti promo Buy 1 Get 1 Free d...

Want more?

Visit our site

Discover