Mengenali Budaya Jawa yang Sesungguhnya di Ullen Sentalu

August 27, 2015 Josefine Yaputri

Setelah berkunjung ke Museum Sonobudoyo di Yogyakarta untuk belajar budaya Indonesia, tidak ada salahnya jika Anda berkunjung ke Ullen Sentanu. Terlebih, bila Anda sendiri merupakan orang Jawa. Jangan ngaku orang Jawa kalau Anda belum datang ke Ullen Sentalu, Museum Seni dan Budaya Jawa.

Sumber: Ticktab Travel Blog

Berlokasi di daerah Pakem, Kaliurang, Kabupaten Seman, Museum Ullen Sentalu merupakan sebuah museum yang secara spesifik menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram yang meliputi Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman. Selain itu, di museum ini, Anda dapat menjumpai berbagai macam koleksi batik, baik yang berasal dari Yogyakarta maupun dari Yogyakarta. Jika Anda tertarik pada seni budaya, khususnya seni busana, Anda pun dapat melihat berbagai macam pakaian sehari-hari yang dikenakan oleh raja-raja serta permaisuri dari Dinasti Mataram. 

Sumber: Njogja

Ullen Sentalu sendiri merupakan singkatan dari kata-kata bahasa Jawa, yaitu "Ulating blencong sejatine tataraning lumaku" yang berarti "Nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan". Kata-kata tersebut pun bukanlah kata-kata biasa merupakan falsafah hidup yang diambil dari sebuah lampu minyak yang biasa digunakan dalam sebuah pertunjukan wayang kulit atau blencong. Lampu minyak tersebut dianggap sebagai cahaya yang selalu bergerak untuk mengarahkan dan menerangi perjalanan hidup manusia. Menurut sejarahnya, Ullen Sentalu didirikan oleh seorang bangsawan Yogyakarta yang sangat dekat dengan keluarga Keraton Surakarta dan Yogyakarta. Di Museum Ullen Sentalu, Anda pun juga dapat mengetahui bagaimana para leluhur Jawa membuat batik yang memiliki makna mendalam di tiap coraknya. Tidak hanya dapat memahami seni, Anda juga dapat memahami sejarah dan budaya Jawa kuno beserta segala aturannya. Dengan desain yang telah dibuat sedemikian rupa, setiap pengunjung Ullen Sentalu pasti merasa seperti tengah berada di masa Jawa Kuno yang amat mengesankan.

Sumber: Jogja Holidays

Memiliki luas area 1,2 hektar, saat Anda tiba di kawasan Museum Ullen Sentalu, Anda akan merasakan hawa sejuk khas Kaliurang. Selain itu, Anda juga akan mulai terhipnotis oleh keheningan yang dimiliki oleh Ullen Sentalu, terutama karena museum ini terletak di antara lama penggunungan yang memberikan kedamaian dan ketenangan. Saat Anda masuk ke kawasan museum, Anda akan bertemu dengan ruang pamer museum, artshop, serta restoran setelah melewati jalan masuk yang begitu beragam. Jalan masuk menuju kawasan museum berbentuk kelokan, undakan, serta labirin. Di kawasan museum sendiri, bangunan-bangunannya dibuat dengan begitu khas dan dibuat sealami mungkin, terdiri dari gapura, dinding tembok, taman, kolam, dan sebagainya, dimana semua itu dibuat semirip mungkin dengan gaya bangunan di masa lalu. Jika Anda menyukai arsitektur, Anda pun dapat melihat pola arsitektur bangunan Jawa yang bergaya Indis dan Post-Modern, bersatu-padu menciptakan harmoni yang amat menakjubkan. Di Museum Ullen Sentalu, Anda betul-betul diajak untuk memahami kebudayaan Jawa yang sesungguhnya.

Previous Article
Ke Yogya Belum Afdol Kalau Belum Mampir ke Malioboro
Ke Yogya Belum Afdol Kalau Belum Mampir ke Malioboro

Sudah sering ke Yogyakarta? Belum afdol kalau belum mampir ke Malioboro.

Next Article
Belajar Budaya Indonesia di Museum Sonobudoyo
Belajar Budaya Indonesia di Museum Sonobudoyo

Yogyakarta bukan hanya Kota Pelajar, tapi juga Kota Budaya. Kunjungilah Museum Sonobudoyo.

Want more?

Visit our site

Discover