Mengunjungi Ruang Lintang di Museum Kata Andrea Hirata

November 11, 2015 Fani Rachmita

Belitung tak melulu mengenai pantai dengan batuan granit raksasa yang memesona. Ditambah langit biru cerah, pantai pasir putih dan laut jernih yang memukau. Ya, Belitung tak hanya itu saja. Bila satu saat Anda berkesempatan ke Belitung, ada satu tempat yang harus Anda masukkan ke dalam daftar tempat wajib kunjung di pulau asal para Laskar Pelangi ini. Apalagi kalau bukan Museum Kata milik si empu Laskar Pelangi, Andrea Hirata.  (foto: museum kata Andrea Hirata) 

 

Dibangun di tahun 2010, museum ini merupakan museum sastra pertama di Indonesia. Museum yang unik dan terpencil ini, kini menjadi salah satu tujuan wisata turis-turis dari seluruh dunia yang datang ke Belitung. Lokasi museum ini tidak berjauhan dengan lokasi SD Laskar Pelangi dan bangunan bersejarah Bendungan Pice. 

 

Tujuan dibangunnya museum ini adalah untuk belajar sastra in a fun way dan juga belajar untuk mengapresiasi karya-karya sastra baik sastrawan dalam maupun luar negeri. Di museum ini, Anda akan diajak melihat kembali perjalanan dari novel Laskar Pelangi, mulai dari cuplikan halaman novel ini hingga menjadi sebuah film laris di Indonesia. 

 

Ketika Anda menjejakkan kaki di museum ini, suasana khas Laskar Pleangi langsung terasa. Dipampangnya foto-foto Laskar Pelangi di halaman museum seperti bercerita kembali tentang novel kebanggan masyarakat Belitung ini. Masuk ke dalam, foto-foto Andrea Hirata dengan kalimat yang inspiratif terpampang di dinding. Ke dalam lagi, Anda akan disambut ruangan dengan meja dan bangku berwarna cerah. Suasana Laskar Pelangi pun masih sangat terasa dengan dipajangnya foto-foto dari film Laskar Pelangi dan cover novel yang telah diterbitkan di berbagai negara. 

 

Ruang utama ini adalah penghubung ruang-ruang lain yang diberi nama berdasarkan nama tokoh dalam novel seperti Ruang Ikal, Ruang Mahar dan Ruang Lintang. Tak hanya itu, di museum ini juga terdapat Warung Kopi Kuli dimana Anda dapat bersantai sambil memesan kopi setelah berjalan mengitari museum ini.

 

Tertarik untuk mengunjungi museum sastra pertama di Indonesia sekaligus menikmati keindahan Belitung?

 

 

Previous Article
Melihat Pulau Melayang di Film "Avatar" di ZhangJiaJie
Melihat Pulau Melayang di Film "Avatar" di ZhangJiaJie

Anda pasti pernah menonton film Avatar. Scene pulau-pulau mengapung yang menjadi lokasi utama film ini ter...

Next Article
5 Destinasi Liburan Ini Ada di Film
5 Destinasi Liburan Ini Ada di Film

Menjadi lokasi syuting film terkenal, tempat-tempat indah berikut harus masuk bucket list Anda.

Want more?

Visit our site

Discover