Menikmati Matahari di Yogyakarta

August 24, 2016 Elfida Lubis

Bukan nama department store, melainkan benda langit yang menjadi pusat kehidupan semesta. Menikmati gudeg atau belanja batik tentunya sudah jadi hal yang biasa di Yogyakarta. Yang tak biasa adalah berburu sinar mentari yang magis kala menyambut dan menutup hari. Di manakah tempat-tempat terbaik untuk menikmati sunrise dan sunset di kota pelajar tersebut? Simak dulu artikel di bawah supaya tidak garing karena salah pilih tempat.

 

1. BUKIT PARANG ENDOG

Sumber: diasporaiqbal.blogspot.com

Bukit ini terletak di daerah Parangtritis yang juga merupakan titik awal tempat orang melakukan paragliding. Dan belakangan sering dijadikan spot untuk menikmati sunset yang begitu memukau, berlatar belakang hamparan laut.

 

2. BOROBUDUR

Foto: IG @elfidalubis

Kalau biasanya Anda mengunjungi candi ini di siang maupun sore hari, sekarang saatnya datang pagi-pagi sekali untuk menyaksikan sunrise yang begitu menakjubkan, menimpa jajaran gunung berapi sekitarnya, sawah-sawah, kemudian menghampiri relief candi nan megah.

 

3. KALIADEM, MERAPI

Foto: jeepwisatamerapi.com

Menikmati sunrise di Merapi yang sampai sekarang masih merupakan gunung api aktif dapat dinikmati di Kaliadem sembari berwisata offroad. Rekam keindahannya dalam memori otak dan juga kamera Anda.

 

4. GEREJA AYAM

Foto: hipwee.com

Gereja Ayam atau Rumah Doa Bukit Rhema yang bisa dicapai dari Punthuk Setumbu ini semakin naik daun setelah muncul dalam film Ada Apa Dengan Cinta 2. Tempat menikmati sunrise adalah di rooftop-nya atau di atas bagian yang berbentuk seperti kepala ayam.

 

 

5. CANDI RATU BOKO 

Sumber: Telusur Indonesia

Datang ke sini menjelang senja untuk bersiap menikmati pemandangan matahari terbenam sembari bersantai di hamparan rumput luas area candi Ratu Boko. Menikmati senja di candi? Wajib!

 

6. TEBING BREKSI

Foto: wisatainfo.com

Taman Tebing Breksi adalah deretan tebing batu breksi yang terbentuk jutaan tahun lalu dan kemudian menjadi tempat penambangan. Bekas aktivitas penambangan membuatnya terlihat memiliki ornamen pahatan yang cantik. Tebing ini berada tak jauh dari Candi Ratu Boko. 

 

7. CANDI IJO

Foto: outingjogja.com

Candi Ijo yang merupakan candi tertinggi di Yogyakarta, kerena berada di 375 meter di atas permukaan laut juga tengah hits sebagai lokasi untuk menikmati matahari terbenam. Menawarkan pemandangan kota yang spektakuler akan membuat Anda betah berlama-lama di sini.

 

8. PANTAI POK TUNGGAL

Foto: nicoseptadela.blogspot.com

Pantai unik di Gunung Kidul ini terlindung di antara tebing karang terjal, dengan signature pohon Duras sebagai tanaman satu-satunya.

 

9. BUKIT BECICI

Foto: piknikasik.com

Bukit ini berada di balik deretan hutan pinus Sudimoro 1 atau Becici Asri yang tumbuh menjulang. Menghadap ke arah barat membuat puncak ini menjadi spot terbaik untuk menikmati matahari terbenam. 

Previous Article
Segarkan Pikiran Dengan Kemping
Segarkan Pikiran Dengan Kemping

Tempat kemping indah ini harus Anda coba segera!

Next Article
15 Spot Dijamin Anti Mainstream dan Bikin Terlena di Lombok
15 Spot Dijamin Anti Mainstream dan Bikin Terlena di Lombok

Lombok bukan hanya Senggigi dan 3 Gili.

Want more?

Visit our site

Discover