Menikmati Pulau Jawa dari Atapnya

December 21, 2015 Elfida

Tahukah Anda, Dieng disebut-sebut sebagai dataran tinggi berpenghuni terbesar kedua setelah Tibet? Maka, pantas jika wilayah tersebut dijuluki sebagai atapnya pulau Jawa. Dieng pun kian dikenal sebagai salah satu tujuan wisata unggulan di Jawa Tengah. Berikut beberapa aktifitas yang harus Anda lakukan saat berkunjung ke Dieng.

1. Terpana di Telaga Warna Dieng

Sumber: ayumediatrans.com

Telaga Warna pasti tak akan terlewatkan setiap pengunjung yang datang ke Dieng. Meski berada di ketinggian 2000 mdpl, tidak membuat pengunjung mengurungkan langkah melihat fenomena alam satu ini. Pemandangan danau tenang dengan permukaan air hijau namun memberi keajaiban ketika tertimpa sinar matahari, yaitu memantulkan warna-warni lain bak pelangi. Kalau menurut mitos yang berkembang di masyarakat setempat, beragam warna tersebut disebabkan oleh cincin milik seorang bangsawan yang terjatuh ke dasar telaga. Sedangkan menurut kajian ilmiahnya, warna-warni terjadi akibat pembiasan cahaya pada endapan belerang atau sulfur yang banyak terdapat di dasar telaga. Warna-warni yang sering muncul adalah hijau, putih kekuningan, serta biru laut. Di sekitar Telaga Warna pun terdapat tujuan yang tak kalah menarik, yaitu Batu Ratapan Angin, dua buah batu yang berada di tempat agak tinggi sehingga Anda harus melakukan pendakian singkat. Dari sini, pemandangan Telaga Warna terlihat lebih menakjubkan, lho! Spot lain untuk menyaksikan keajaiban telaga dari ketinggian adalah Bukit Sidengkeng di Kawasan Wanawisata Petak Sembilan Dieng.

 

2. Menjelajah Gunung Prau

Sumber: diengbackpacker.com

Melihat Gunung Prau dari kejauhan seolah menyaksikan permadani berwarna hijau terbentang luas. Pemandangan tersebut akan memanjakan mata siapa saja yang memandang. Berada di ketinggian 2560 mdpl, salah satu alternatif pendakian Gunung Prau memang bisa dilakukan dari jalur selatan, yaitu lewat dataran tinggi Dieng atau Desa Patak Banteng. Durasi perjalanan lewat jalur ini lebih singkat, sekitar 2-3 jam. Beberapa spot menarik, antara lain Bukit Teletubies. Namanya dibuat sama dengan Bukit Teletubies di Bromo, hal ini karena sama-sama menawarkan hamparan bukit hijau menyejukkan. Selain itu, terdapat taman bunga daisy di puncak Prau, dan tak lupa menyaksikan sunrise juga sunset dari sana.

 

3. Saksi Sunrise di Bukit Sikunir 

Sumber: santigiadventure.wordpress.com

Menyaksikan sunrise di Bukit Sikunir yang terletak di Desa Sembungan semakin populer saja bagi para wisatawan. Menyaksikan peristiwa terbitnya matahari di ufuk timur berlatarkan alam dataran tinggi Dieng yang memesona, lengkap dengan udara dingin menjadi memori perjalanan sendiri yang dijamin membekas seumur hidup Anda.

 

4. Nonton Film di Dieng Plateau Theater

Sumber: peakseason.wordpress.com

Di tempat ini, Anda akan menyaksikan film-film tentang Dieng dan hal yang terkait dengannya. Perkaya pengetahuan Anda tentang Dieng karena seperti kata pepatah, "Tak kenal maka tak sayang."

 

5. Kawah Aktif Memesona

Sumber: anekatempatwisata.com

Merupakan dataran di pegunungan vulkanis, wajar saja jika masih banyak ditemukan kawah di Dieng. Kawah tersebut pun kebanyakan masih aktif dan pada akhirnya menjadi tempat wisata yang menarik. 3 kawah aktif yang paling banyak diakses oleh pengunjung, adalah Sikidang, Candradimuka, dan Sileri.

 

Diskon 60% lebih untuk paket perjalanan 3H2M dari Shine Tour & Travel

 

Previous Article
Penginapan Bernuansa Tropical Green di Jungle Retreat Ubud by Kupu Kupu Resorts
Penginapan Bernuansa Tropical Green di Jungle Retreat Ubud by Kupu Kupu Resorts

Berlokasi di desa Kedewatan, Ubud, Jungle Retreat mempunyai konsep tropical greenery yang dilengkapi dengan...

Next Article
Body Rafting Seru di 3 Sungai Indah Jawa Barat
Body Rafting Seru di 3 Sungai Indah Jawa Barat

3 sungai ini menawarkan wisata body rafting seru sekaligus pemandangan alam indah!

Want more?

Visit our site

Discover