Menyibak Kemegahan Alam Peninggalan Erupsi Krakatau di Ujung Kulon

December 28, 2015 Fani Rachmita

Taman Nasional Ujung Kulon yang berlokasi di propinsi Banten terkenal sebagi hutan dataran rendah terbaik di pulau Jawa. Semenanjung Ujung Kulon dan beberapa pulau di sekitarnya mempunyai kekayaan dan kecantikan flora dan fauna yang sangat beragam yang sekaligus memperlihatkan evolusi geologis dampak erupsi Krakatau di tahun 1883. Ujung Kulon juga menjadi habitat utama dan satu-satunya bagi Badak Bercula Satu juga beberapa hewan dan tanaman yang langka. Yuk, jalan-jalan menyibak kemegahan hutan di ujung pulau Jawa ini. 

(foto: via pena biru)

 

Gunung Honje 

Luas wilayah Gunung Honje sekitar 19,500 hektar yang dikelilingi 19 desa penyangga yang berbatasan langsung maupun tidak langsung. Salah satu desa yang menjadi gerbang masuk Taman Nasional Ujung Kulon di sekitar Gunung Honje adalah Desa Tamanjaya. Di desa inilah terdapat beragam aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan seperti Desa Nelayan Cibanua, Curug Cipaniis, sumber air panas Cibiuk dan wildlife viewing owa jawa di Curug Cikacang. Fasilitas wisata di desa ini sudah lumayan lengkap, penginapan, penyewaan perahu, local guide dan bahkan souvenir!

 

Pulau Peucang 

(foto: via pena biru)

Pulau dengan luas sekitar 450 hektar ini mempunyai karakteristik pantai dengan pasir putih. Di sini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas alam di sini mulai dari tracking ke Karang Copong, berenang di pantai, menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling dan juga menyelam. Di Karang Copong, karang yang besar berlubang di dekat laut, Anda bisa melihat sunset yang luar biasa indah bila menempuh track selama 3 jam. Anda juga bisa menikmati wildlife viewing dengan menyeberang ke Padang Penggembalaan Cidaon menggunakan boat kecil. Di Cidaon Anda bisa mengamati beragam satwa seperti banteng, merak, rusa dan babi hutan. Anda juga bisa melihat menara mercusuar dan dermaga peninggalan kolonial Belanda di Tanjung Layar dan Cibom. 

 

Pulau Hendeuleum 

(foto: via pena biru)

Pulau yang termasuk dalam gugusan pulau-pulau kecil di ujung timur laut pantai Semenanjung Ujung Kulon ini dikelilingi oleh hutan Mangrove. Di pulau ini Anda bisa menemui Rusa Timornensis dan ular phyton . Aktivitas yang dapat Anda lakukan di Pulau Hendeuleum beragam dan penuh tantangan. Anda bisa pergi ke daerah Cigenter, menyusuri Sungai Cigenter untuk melihat keindahan hutan hujan tropis di sepanjang sungai. Di bagian hulu sungai, Anda akan menemui jalan setapak yang melintasi tumbuhan bambu yang akan membawa Anda ke air terjun yang bertingkat. 

 

Diskon 50% untuk Trip ke Ujung Kulon dari Kitasuka Travel

 

 

 

Previous Article
7 Keajaiban Alam Indonesia Yang Tak Boleh Dilewatkan
7 Keajaiban Alam Indonesia Yang Tak Boleh Dilewatkan

Jadilah saksi cantiknya alam Indonesia dengan traveling ke 7 lokasi ini.

Next Article
Pesona Tersembunyi Sawarna
Pesona Tersembunyi Sawarna

Berada di kawasan Banten, miliki short getaway menakjubkan di tempat ini.

Want more?

Visit our site

Discover