Merti Desa, Arak-arakan Ayam Panggang Unik di Purworejo

August 14, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.pituruhnews.com

Arak-arakan tumpeng, sudah biasa. Bagaimana jika yang diarak ribuan ayam panggang plus hasil Bumi?

Di Purworejo, ada satu tradisi unik yang sudah berlangsung sejak ratusan tahun. Namanya Merti Desa, yang diselenggarakan sebagai ucapan syukur, memohon keselamatan dan rezeki, sekaligus menyambut HUT RI ke-73. Merti Desa ini diadakan sebagai bagian Grebeg Ingkung; acara rutin Purworejo yang digelar setiap tiga tahun sekali.

Ketika mengikuti perhelatan ini, Anda akan menyaksikan sekitar 47 buah ancak (tumpeng berisi ayam panggang dan hasil Bumi) berjajar rapi. Enggak main-main, jumlahnya bahkan mencapai ratusan ayam panggang per ancak, atau jika ditotal mencapai 7.500 ekor!  

 

Ilustrasi: www.revienspurworejo.com

Nah, bukan hanya dipamerkan; jajaran ancak ini juga dilombakan dan dipilih mana pemenangnya. Setelah dinilai oleh para juri, acara dilanjutkan dengan ritual inti Merti Desa--seperti halnya berdoa bersama. Bagian paling menyenangkannya, setelah prosesi selesai, ribuan potong ayam panggang nan lezat ini akan dibagikan dan disantap siapa pun yang datang, sekalipun bukan warga Gunung Condong! Adapun Merti Desa juga dimeriahkan dengan beragam pertunjukan seni tradisional. Misalnya, tari-tarian Dolalak, Tayub, hingga sendra tari.

 

Ilustrasi: www.tofiksupriyadi.blogspot.com 

Pantas saja, acara tiga tahunan ini menarik banyak pengunjung yang datang. Selain bisa menjadi saksi keunikan tradisi yang sudah berlangsung ratusan tahun, ada pula yang tidak ingin ketinggalan menikmati sensasi makan tradisional.

Previous Article
Ini Tempat Latihan Memanjat di Jakarta
Ini Tempat Latihan Memanjat di Jakarta

Memanjat tebing mungkin jadi salah satu hobi yang peminatnya sedikit. Masuk dalam kategori olahraga ekstrem...

Next Article
Berstatus Bahaya, Wisatawan Dilarang Berkunjung ke 7 Pulau Ini!
Berstatus Bahaya, Wisatawan Dilarang Berkunjung ke 7 Pulau Ini!

Ada yang dihuni hewan liar, misteri yang berkaitan dengan dunia paranormal, hingga kandungan zat dan kondis...

Want more?

Visit our site

Discover