Pesona Sulawesi Selatan (Part 2)

January 18, 2017 Elfida Lubis

Enggak cukup cuma 10, mari telusuri 10 tambahannya di sini.

 

11. Dataran Tinggi Malino

Tepat berada di puncak daerah Malino, obyek ini menawarkan panorama hijau dari hamparan tanaman teh. Suhu di sini bisa mencapai 5 derajat Celsius, lho. Siap-siap membawa baju hangat ya kalau menuju daerah yang bisa dicapai sekitar tiga jam dari Kota Makassar ini.

 

12. Pegunungan Karst

Foto: ardiyanta.com

Tak hanya China Selatan, ternyata Indonesia memiliki area karst atau pegunungan kapur terbesar kedua setelah negara itu. Tepatnya di Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkep, di mana sekitar 20 ribu hektar dari total 43.750 hektarnya masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (Babul). Ini termasuk Rammang-Rammang di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros yang fenomenal itu. Rammang berarti awan atau kabut dalam Bahasa Makassar. Kawasan Karst ini sangat unik karena banyak mengandung potensi, antara lain potensi budaya. Banyak peninggalan prasejarah di dalamnya, termasuk gua-gua prasejarah. Selain itu, potensi flora dan fauna pun sangat besar, di mana banyak dijumpai hewan da tumbuhan yang punya ketergantungan dengan kawasan karst, seperti misalnya Kera Hitam atau Macaca Maura, Tersius, pohon ara atau beringin, dan jenis kayu hitam. Obyek ini sedang diajukan untuk menjadi world heritage versi UNESCO.

 

13. Pulau Kapoposang

Foto: sangkarrang.wordpress.com

Mempunyai daya tarik terumbu karang yang indah dan beranekaragam biota laut, Pulau Kapoposang yang menjadi bagian dari Kepulauan Spermonde di Desa Mattiroujung, Kecamatan Tupabiring menjadi salah satu tempat tempat wisata yang wajib kamu kunjungi kalau ke Makassar.

 

14. Pulau Gusung

Foto: hellomakassar.com

Di Makassar memang banyak pulau yang saat ini dijadikan destinasi wisata, salah satunya Pulau Gusung. Letaknya tak jauh kok dari Kota Makassar. Kamu bisa melalui Dermaga Popsa dengan menyewa kapal yang hanya memakan waktu 10 menit. Sejarah terbentuknya pulau ini cukup unik, yaitu awalnya tanggul yang seiring berjalannya waktu tertumpuk pasir putih sehingga terbentuk pulau kecil seperti saat ini.

 

15. Pulau Kodingareng Keke

Foto: panduanwisata.id

Pulau Kodingareng Keke yang berjarak kurang lebih 14 menit dari pusat Kota Makassar adalah pulau tak berpenghuni yang sangat sayang untuk dilewatkan. Temukan air laut dengan gradasi warna biru yang cantik, tak ketinggalan biota dan pemandangan alam bawah laut yang memesona.

 

16. Pantai Punaga

Foto: kurniawaniskandar.wordpress.com

Pantai di ujung Kabupaten Takalar ini dipenuhi tebing cantik yang seru dijadikan spot menikmati sunset. Hanya memakan waktu kurang lebih 2 jam, membuat kamu harus menyempatkan diri ke pulau dengan potensi wisata besar ke depannya ini.

 

17. Pulau Camba-Cambang

 

Foto: travelingcelebes.com

Dapat dijangkau sekitar dua jam perjalanan dari Kota Makassar, nikmati fasilitas lengkap di pulau cantik ini. Semua serba ada di sini.

 

18. Iga Bakar dan Sop Konro Karebosi

Foto: galinusantara.blogspot.co.id

Kalau ke Makassar, ya harus ke sini untuk menyicipi kuliner khas super lezat. Namanya Iga Bakar dan Sop Konro Karebosi, tepatnya di Jalan Gunung Lompobattang, Pisang Utara.

 

19. Mie Awa

Foto: dpaskalino.blogspot.co.id

Ini juga salah satu tujuan kuliner yang wajib kalau kamu ke Makassar. Sajian mie unik dan enak khas Makassar tersaji di sini, yaitu mie kering dengan kuah kental lezat. Letaknya ada di Jalan Pattimura Nomor 19, Bulogading.

 

20. Trans Studio Makassar

Foto: indonesia-tourism.com

Tentunya, tak lengkap kalau ke Makassar tak ke Trans Studio yang pertama kali berdiri di kota tersebut. Berada di atas lahan seluas 2,7 hektar, dengan 21 wahana dalam 4 zona permainan, yaitu Studio Central, Cartoon City, Lost City, dan Magic Corner, tempat wisata ini akan menjadi destinasi menyenangkan untuk kamu dan keluarga.

 

Previous Article
7 Soft Skills Yang Harus Kamu Kuasai di 2017
7 Soft Skills Yang Harus Kamu Kuasai di 2017

Membuka peluang baru dimulai dari keinginan untuk belajar hal baru.

Next Article
Pesona Sulawesi Selatan (Part 1)
Pesona Sulawesi Selatan (Part 1)

Jalan-jalan ke Makassar dan sekitarnya, yuk.

Want more?

Visit our site

Discover