Ramai-ramai Membaca Tren Liburan Bareng Keluarga

September 1, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.starcruises.com

Apa definisi liburan keluarga menurut Anda? Apakah lagi-lagi soal liburan jauh dan menghabiskan banyak biaya?

Faktanya, libur bareng keluarga nggak harus ke tempat jauh dan mengeluarkan banyak uang, kok. Di banyak negara, liburan bareng keluarga justru dilakukan ke tempat-tempat terdekat dan tidak menguras bujet. Waktu bepergiannya pun bisa dilakukan dalam waktu singkat, tetapi dengan intensitas yang sering.

Adapun hal ini merupakan hasil survei salah satu agen perjalanan online (OTA) Agoda dalam mengetahui Family Travel Trends 2018. Dari sana, didapatkan kesimpulan, ada tujuh dari sepuluh keluarga yang setidaknya melakukan perjalanan bersama keluarga dua kali dalam satu tahun. Namun,

Kondisi ini berbeda dengan wisatawan Asia, yang melakukan setidaknya lima kali liburan bareng keluarga dalam satu tahun. Bandingkan dengan keluarga-keluarga Barat yang hanya melakukan tiga kali liburan bareng.

 

Keluarga Asia Lebih Sering Liburan

Ilustrasi: www.kansascityestateplanner.com

Dari penjabaran singkat di atas, terlihat bahwa tren liburan bareng keluarga cenderung didominasi oleh orang Asia. Setidaknya, ada 77% wisatawan Thailand dan 62% dari Filipina sudah melakukan lima kali (atau lebih) liburan selama satu tahun terakhir. Sebagai perbandingan, ada 34% orang Inggris yang hanya melakuakn satu liburan keluarga.

Kendati demikian, jumlah ini berbanding terbalik dengan durasi liburan. Sebanyak 42% orang Inggris dan 20% turis Thailand cenderung melakukan perjalanan selama empat hingga tujuh malam, sementara sisanya (asal Vietnam, Malaysia, dan Tiongkok) hanya satu hingga tiga malam.

Selain itu, sebanyak 35% wisatawan juga berlibur bersama keluarga besar, seperti mengajak kakek dan nenek hingga saudara, sepupu, paman, atau bibi. Adapun dua negara yang umum melakukannya adalah Thailand (66%) dan Indonesia (54%).  

Previous Article
Indahnya Pesona Dancing Fountain Siap Menyemarakkan Tugu Muda, Semarang!
Indahnya Pesona Dancing Fountain Siap Menyemarakkan Tugu Muda, Semarang!

Warga Semarang patut berbangga. Dikenal sebagai kawasan yang “ramah wisatawan”, baru-baru ini ada fitur bar...

Next Article
Ini Dia Informasi yang Tidak Boleh Ditulis di Koper Anda!
Ini Dia Informasi yang Tidak Boleh Ditulis di Koper Anda!

Fungsi gantungan pengenal koper memang vital. Namun, jangan sampai menulis informasi berikut, ya!

Want more?

Visit our site

Discover