Sekolah Alam di Taman Nasional Meru Betiri

August 4, 2015 Josefine Yaputri

Sumber: Banyuwangi Apik

Bermain di alam bebas memang selalu mengasyikkan. Apalagi, alam Indonesia begitu kaya. Tidak hanya memiliki keragaman topografi, alam Indonesia juga memiliki flora dan fauna yang begitu beragam. Sehingga, tidaklah mengherankan jika ada banyak peneliti serta mahasiswa dan mahasiswi yang datang dari luar negeri untuk 'sekolah' alam di Indonesia. Mari berkenalan dengan salah satu sekolah alam Indonesia, yaitu Taman Nasional Meru Betiri.

Sumber: Meru Betiri

Sumber: KLX Adventure

Sumber: Selasar

Berada di wilayah Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur bagian selatan, Taman Nasional Meru Betiri berada pada ketinggian 900-1.223 meter di atas permukaan laut. Kawasan ini diubah statusnya menjadi sebuah taman nasional sejak tahun 1982 oleh Menteri Pertanian pada saat itu. Memiliki luas wilayah kurang lebih 58.000 hektar, nama taman nasional ini menurut sejarahnya diambil dari nama gunung tertinggi di kawasan tersebut, yaitu Gunung Betiri yang memiliki tinggi 1.223 meter. 

Jika Anda termasuk orang yang menyukai petualangan serta wisata alam, Taman Nasional Meru Betiri memiliki hutan dan pantai yang bisa Anda kunjungi. Di kawasan hutannya sendiri, Anda bisa melihat kurang lebih 28 spesies anggrek yang cantik. Tidak hanya itu, di taman nasional ini, Anda juga bisa melihat langsung berbagai mamalia dan burung yang dilindungi, seperti banteng, monyet ekor panjang, harimau Jawa, macan tutul, dan  kucing hutan.

Sumber: Wikipedia

Sumber: Meru Betiri

Dan untuk wisata pantainya, Anda bisa mengunjungi Pantai Bandealit dan Pantai Rajegwesi. Pantai Rajegwesi sendiri berwarna coklat karena endapan lumpur dari sungai-sungai yang meluap saat banjir. Di kawasan pantai Taman Nasional Meru Betiri, Anda bisa melihat ekosistem mangrove, serta melihat berbagai jenis penyu, seperti Penyu Belimbing, Penyu Sisik, Penyu Hijau, serta Penyu Lekang atau Ridel. Di Taman Nasional Meru Betiri, Anda bisa 'sekolah' alam sekaligus berwisata baik sendirian, dengan keluarga, maupun dengan teman-teman. Tertarik?

Previous Article
Air Terjun Janda yang Cantik
Air Terjun Janda yang Cantik

Yuk, berwisata di air terjun janda yang cantik di Jawa Timur!

Next Article
Bersemedi Bersama Suku Baduy
Bersemedi Bersama Suku Baduy

Melepaskan kesuntukkan dengan kehidupan sehari-hari yang menguras energi, pikiran, dan perasaan dengan meng...

Want more?

Visit our site

Discover