Seminggu Eksplorasi Sumatera Utara

April 5, 2016 Elfida Lubis

1 Hari Mengeksplorasi Berastagi

Foto: travel.detik.com

Di perjalanan menuju Danau Toba, tepatnya 70 kilometer dari kota Medan, terdapat area yang berada di dataran tinggi bernama Berastagi. Udaranya yang sejuk dan pemandangan alam asri membuat Berastagi kerap dijadikan sebagai tujuan libur akhir pekan bagi warga Medan maupun lainnya. Lansekap didominasi oleh pemandangan gunung berapi Sinabung dan Sibayak. Anda bisa berendam di mata air panas Sidebuk-debuk yang mengandung belerang, mengunjungi suku asli Karo dan rumah khas mereka, di tengah udara nan sejuk. Berastagi juga terkenal akan budidaya tumbuhan seperti bunga, buah, dan sayuran. Yang paling terkenal misalnya buah markisa dan jeruk manis. Tempat rekreasi baru yang seru di sana, antara lain ada Taman Wisata Alam Lumbini tempat replika Pagoda Shwedagon di Myanmar berdiri. Pagoda ini tercatat memegang dua rekor MURI, yaitu Pagoda tertinggi di Indonesia dan kebaktian dengan biksu terbanyak. Berastagi juga cocok untuk wisata keluarga karena di sana terdapat taman bermain Mikkie Holiday yang megah dengan fasilitas permainan lengkap.

Tur seharian ke Berastagi dengan potongan harga, hanya dari Grivy

 

1 Hari Mengeksplorasi Danau Toba

Foto: Paul Kennedy (pkphoto.com)

Siapa yang tidak tahu Danau Toba, salah satu danau yang terdalam dan terbesar dunia. Berada di ketinggian 900 mdpl membuat karakteristiknya unik. Banyak hal dan aktivitas menarik yang dapat dilakukan di sini, misalnya saja berlayar menuju Pulau Samosir yang berada di tengah-tengah danau. Selama perjalanan dengan kapal, nikmati pemandangan Danau Toba dan sekelilingnya yang begitu indah. Selain berlayar, Anda pun bisa bermain banana boat dan jetski di danau. Karena keunikan dan kekayaannya tersebut, Danau Toba menggelar festival rutin tiap tahun yang menarik minat banyak wisatawan baik lokal sampai mancanegara. Festival Danau Toba yang merupakan kerja sama antara pemerintah daerah Sumatera Utara dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini digelar sekitar Agustus sampai September, menampilkan berbagai macam pertunjukan seni budaya dan lomba-lomba seru yang dapat diikuti masyarakat. Tentunya, kuliner lezat serta suvenir khas seperti kain ulos dapat Anda beli saat festival berlangsung.

Promo murah tur ke Danau Toba

 

2 Hari Mengeksplorasi Pulau Samosir

Foto: Wikipedia

Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba ini merupakah tempat yang pas bagi Anda yang ingin mengenal sejarah Batak, khususnya Samosir yang masih memegang teguh kepercayaan leluhur. Di Pulau Samosir terdapat dua desa yang banyak dikunjungi wisatawan yaitu Tomok dan Tuktuk. Tomok merupakan desa yang memiliki banyak objek wisata menarik seperti Makam Raja Sidabutar, Museum Huta Bolon, Batu Persidangan, dan pertunjukan tari boneka Sigale-gale yang populer. Sementara Tuktuk adalah desa di mana terdapat banyak penginapan untuk wisatawan. Anda akan terpukau dengan kekayaan adat-istiadat masyarakat suku Batak serta upaya mempertahankan tradisi leluhur yang masih dilakukan sampai sekarang di sana. 

Dapatkan diskon menarik untuk paket wisata ke Pulau Samosir

 

3 Hari di Tangkahan

Foto: tangkahanecotourism.com

Tangkahan dikenal sebagai Hidden Paradise di SUmatera Utara karena tempat ekowisata yang terletak di perbatasan Taman Nasional Gunung Leuser ini menawarkan panorama alam menakjubkan serta kesegaran udara membuat siapa saja betah berlama-lama. Terdapat sungai, air terjun, air panas, lembah, bukit, tebing, dan keanekaragaman flora dan fauna di sana, membuat banyak aktivitas alam yang bisa dilakukan. Seperti misalnya, memanjat tebing, mendaki gunung, berkemah, arung jeram, dan menikmati ragam flora dan fauna. Tangkahan juga terkenal berkat daftar jenis burung terpanjang di dunia, mencapai 380 spesies, selain 129 spesies mamalia yang juga ada di sana. Jangan lewatkan mengunjungi tempat rehabilitasi orangutan yang pertama kali dilakukan oleh WWF dan Frankfurt Zoological Society pada tahun 1973 di Bukit Lawang. Keseruan lain yang bisa dirasakan di sana dan jarang ditemukan di tempat lain adalah kesempatan memandikan gajah dan menungganginya sambil menjelajah hutan. 

Promo murah ekowisata di Tangkahan

 

Previous Article
Si Sahabat Kesayangan Juga Bisa Jadi Teman Traveling yang Asyik
Si Sahabat Kesayangan Juga Bisa Jadi Teman Traveling yang Asyik

Berniat untuk membawa sahabat kesayangan dalam holiday trip Anda tahun ini? Persiapkan mereka yuk agar Anda...

Next Article
Melatih Anak Nyaman Traveling
Melatih Anak Nyaman Traveling

Di umur tertentu, anak mulai bisa menentukan keinginan dan kesenangannya. Di sinilah Anda harus mulai berk...

Want more?

Visit our site

Discover