Tips Liburan Nyaman dengan Orang Tua

December 21, 2017 Chatarina Komala

Masihkah teringat dalam benak, bagaimana rasanya berlibur dengan orang tua ketika Anda kecil atau remaja? Ketika sudah dewasa, tidak ada salahnya mengulang momentum menyenangkan tersebut bersama orang tua. Meski selera terkait destinasi dan aktivitas sudah pasti berbeda, tidak ada salahnya Anda merancang liburan untuk orang tua.

Nah, lantaran faktor usia, tentu ada beberapa aktivitas yang harus Anda ubah atau justru hilangkan dalam itinerary. Supaya Anda bisa berlibur bersama dengan nyaman, tidak ada salahnya menjajal beberapa tips berikut.

 

Baca juga:

 

1. Konsultasi dengan Dokter

Ilustrasi: www.theonlinesurgery.co.uk

Usia orang tua memang tidak lagi muda. Itu sebabnya, sebelum memulai perjalanan--ada baiknya berkonsultasi dengan dokter perihal riwayat kesehatan orang tua. Mintalah saran dan kalau perlu izin mengajak orang tua berlibur. Dapatkan pula informasi soal vaksinasi tambahan, obat ringan hingga khusus yang perlu dibawa selama perjalanan.

Tanyakan pula resep dan nomor telepon dokter pribadi; berikut rumah sakit terdekat yang bisa Anda akses dengan segera di tempat tujuan.

 

2. Asuransi Perjalanan

Ilustrasi: www.africansuburbsadventures.com

Apa pun jenisnya, asuransi perjalanan penting buat Anda. Apalagi jika hendak melakukan perjalanan jauh. Sama halnya ketika harus berlibur bersama orang tua. Ada baiknya Anda memiliki asuransi perjalanan; kalau perlu pilih yang bisa meng-cover seluruh hal, termasuk kasus medis mendadak.

Pastikan rumah sakit atau fasilitas medis terdekat tercakup oleh asuransi yang Anda miliki. Dengan demikian, keadaan darurat yang mungkin saja terjadi bisa segera ditangani dengan baik.

 

3. Akses di Tujuan Liburan

Ilustrasi: www.sydneybackpackers.com

Tidak seperti dahulu, fisik orang tua Anda bisa saja mengalami penurunan. Ini sebabnya, informasi terkait destinasi tujuan, pilihan transportasi, hingga kemudahan akses penting untuk memastikan perjalanan jadi lebih nyaman. Apalagi, jika salah satu dari orang tua harus menggunakan alat bantu berjalan, semisal kursi roda. Nah, jika transportasi umum di sana kurang memadai, tidak ada salahnya mengeluarkan sedikit bujet untuk menyewa supir pribadi.

Hindari traveling saat libur panjang. Pasalnya, akan ada banyak lokasi wisata yang ramai pengunjung. Selain tidak nyaman, seluruh bujet liburan juga akan membengkak.

 

4. Hotel yang Nyaman

Ilustrasi: www.sfpalace.com 

Meski murah, menginap di hostel berbujet rendah tentu akan kurang nyaman bagi orang tua. Ada baiknya Anda memilih hotel dengan fasilitas yang mumpuni, serta berjarak dekat dari beberapa tempat wisata. Nah, kalau khawatir harga mahal, bisa mereservasi hotel beberapa bulan sebelum keberangkatan.

 

5. Kursi Pesawat

Ilustrasi: www.scienceabc.com

Hal ini penting, terlebih jika orang tua Anda memerlukan alat bantu seperti kursi roda. Nah, untuk menjamin kenyamanan mereka, ada baiknya Anda menyertakan keterangan sebelum memesan tiket. Misalnya, dengan mendaftarkan mereka sebagai penumpang  berkebutuhan khusus (gratis); sehingga seseorang akan membantu orang tua dan menyediakan kursi roda untuk mencegah kelelahan.

 

6. Itinerary yang Santai

Ilustrasi: www.hello.travefy.com

Jangan terlalu ambisius pergi ke banyak tempat saat sedang traveling bersama orang tua. Buatlah itinerary dengan santai; misalnya satu atau dua objek wisata per hari. Anda juga bisa mengganti eksplorasi ke beragam destinasi dengan jalan-jalan santai.

Siapkan waktu lebih dan jangan terburu-buru. Bagaimanapun, orang tua biasanya gampang lelah dan butuh waktu istirahat lebih lama.

 

Baca juga:

 

7. Siapkan Identifikasi

Ilustrasi: www.dreamstime.com

Kumpulkan seluruh data dan informasi diri yang diperlukan selama perjalanan. Ini mencakup paspor dan KTP. Masukkan bersama tiket dan jadwal, sehingga seluruhnya ada di satu tempat dan mudah ditemukan. Sebagai tambahan, sisipkan pula dokumen asuransi, resep obat, serta informasi medis lain yang dibutuhkan.

Untuk keselamatan, Anda juga bisa menggunakan gelang ber-GPS atau meninggalkan catatan kecil berisi alamat dan informasi di dalam tas atau pakaian mereka. 

Previous Article
Yuk, Liburan Natal di 7 Destinasi Indonesia Berikut!
Yuk, Liburan Natal di 7 Destinasi Indonesia Berikut!

Libur Natal jatuh tepat di akhir minggu. Ini artinya, Anda harus bersiap menikmati long weekend yang menyen...

Next Article
Sepuluh Wisata Air Terjun Dekat Jakarta yang Bisa Anda Kunjungi di Akhir Pekan
Sepuluh Wisata Air Terjun Dekat Jakarta yang Bisa Anda Kunjungi di Akhir Pekan

Berjarak tidak jauh dari Jakarta, sepuluh destinasi wisata air terjun ini bisa Anda jadikan pilihan untuk b...

Want more?

Visit our site

Discover