Traveling Saat Kantong Tipis

July 15, 2015 Josefine Yaputri

Sumber: https://tremendoustimes.com/

Traveling saat kantong tipis, apakah mungkin? Pertanyaan ini seringkali diajukan oleh banyak orang. Pada dasarnya, traveling selalu bisa dilakukan asal ada niat. Berikut ini adalah beberapa tips supaya bisa traveling meskipun kantong tipis.

1. Jelajahi Kota Tempat Tinggalmu

Sumber: http://theircvillage.com/

Traveling bukanlah soal jarak, melainkan soal pengalaman baru. Jika selama ini kamu terbiasa menjelajahi kota, provinsi, atau bahkan negara lain, kenapa tidak mencoba untuk menjelajahi kota tempat tinggalmu sendiri? Kamu bisa memulainya dengan mencoba makanan khas kota tempat tinggalmu. Selain tidak perlu keluar ongkos banyak, kamu juga sekalian mendapatkan pengalaman baru, kan?

2. Pilih Transportasi yang Murah

Sumber: http://stuffunemployedpeoplelike.com/

Jika kamu selama ini biasa berlibur naik pesawat, saat kantong kosong, tentu harga tiket pesawat menjadi sangat mahal bagimu. Sebagai bagian dari petualangan yang baru, tidak ada salahnya kamu mencoba naik kereta atau bus umum untuk pergi ke tempat liburanmu. Meski perjalanannya relatif lebih lama dibandingkan naik pesawat, kamu bisa hemat ongkos banyak. Atau jika kamu memilih untuk menjelajahi kota tempat tinggalmu, daripada naik kendaraan pribadi, lebih baik kamu naik kendaraan umum. 

3. Ikut Program Tertentu

Sumber: https://mommygolightly.com/

Mencari kesempatan dalam kesempitan, kenapa tidak? Jika kamu ingin sekali berlibur, tapi uangmu menipis, kamu bisa mencoba untuk ikut sebuah program tertentu. Mulai dari volunteering di LSM, menjadi pengasuh anak di luar negeri, ikut pertukaran pelajar, hingga ikut konferensi, semuanya bisa memberikanmu pengalamanmu sekaligus berlibur. Akan tetapi, kamu harus ingat, kamu tidak boleh sekadar menjadikan keinginan untuk berlibur sebagai motivasi dalam mengikuti program tersebut karena kamu memiliki tanggung jawab yang lebih dari itu. Mencari kesempatan dalam kesempitan sah-sah saja, asal dibarengi dengan rasa tanggung jawab.

4. Pilih Akomodasi yang Murah

Sumber: http://www.hostel-capital.com/

Apakah selama ini kamu selalu menginap di hotel berbintang saat traveling? Jika jawabannya ya, saat kantongmu tipis, kamu harus melupakan kebiasaan tersebut supaya bisa tetap traveling. Caranya mudah, kamu tinggal menginap di penginapan yang lebih murah, seperti hostel dan bed and breakfast. Dan sebelum memesan kamar hostel atau bed and breakfast, ingatlah untuk selalu membaca review-nya supaya kamu tidak salah memilih tempat menginap.

5. Tahan Diri untuk Berbelanja

Sumber: http://seattlestravels.com/

Jika kamu suka sekali berbelanja, menerapkan tips ini tentu sulit sekali. Salah satu prinsip traveling adalah membeli pengalaman baru, bukan membeli barang baru. Saat traveling dengan kantong tipis, kamu harus menahan diri untuk berbelanja. Lupakan membeli oleh-oleh untuk dirimu sendiri, juga untuk kerabat dan sahabat. Selamat traveling!

Previous Article
Barang-barang Penting untuk Traveler Perempuan
Barang-barang Penting untuk Traveler Perempuan

Jika kamu seorang perempuan, jangan lupa bawa barang-barang ini saat traveling.

Next Article
5 Manfaat Traveling
5 Manfaat Traveling

Masih ragu untuk traveling? Ketahui 5 manfaatnya.

Want more?

Visit our site

Discover