"Tubuh" Anda Berubah Karena Jalan-Jalan

August 12, 2016 Elfida Lubis

 

Banyak sebab yang membuat Anda belum juga memesan tiket dan melakukan perjalanan ke tempat baru. Ya, Anda adalah seorang karyawan dengan sejuta batasan, seperti cuti atau tabungan yang belum cukup karena biaya hidup yang tinggi. Belum lagi kalau Anda masih memiliki anak kecil yang harus diurus di rumah. Alasan-alasan tersebut sangat bisa diterima dan masuk akal. Namun, Anda juga harus baca alasan-alasan di bawah soal mengapa Anda harus mempertimbangkan travel sebagai salah satu upaya untuk istirahat dan mengembalikan fungsi tubuh dan jiwa Anda. (Foto: Pixabay)

 

1. Secara fisiologis, jalan-jalan adalah hadiah untuk tubuh Anda. Sebuah studi yang dilakukan di Belanda pada tahun 2002 dan dipublikasikan dalam jurnal Applied Research in Quality of Life mengatakan bahwa aktivitas merencanakan segala hal yang berhubungan dengan liburan Anda merupakan bagian terbesar yang berperan meningkatkan kebahagiaan. Bahkan, dibanding perjalanan itu sendiri. Tak berhenti sampai di situ, mereka yang melakukan traveling rutin pun disinyalir memiliki kecenderungan kecil untuk terkena penyakit jantung.

 

2. Jalan-jalan memberi serangan hormon dopamin di otak Anda. Menurut neuropsikologis Paul Nussbaum lewat The Chicago Tribune, ketika Anda traveling dan menghadapi lingkungan serba baru dengan segala peristiwa dan tantangannya, otak akan bereaksi yaitu menjadi kagum atau terpana, kemudian pada akhirnya menghasilkan ikatan lebih dalam. Efeknya, masih menurut Paul Nussbaum, membuat otak Anda akan terbiasa dengan konsep yang lebih kompleks. Bisa jadi di tempat kerja, Anda akan menjadi lebih kreatif dan solutif. 

 

3. Memperbaiki kualitas tidur Anda. Meski ada yang bilang rugi kalau liburan hanya diisi dengan tidur, namun pola tidur yang dilakukan saat sedang jalan-jalan ternyata dapat memperbaiki pola tidur biasanya. Misalnya, ketika sedang liburan Anda cenderung akan menyingkirkan gadget sebelum tidur karena tidak perlu mengecek pesan atau email dari bos sewaktu-waktu yang pada akhirnya memunculkan rasa khawatir. Anda pun akan dapat merasakan bedanya tidur berkualitas dengan yang tidak sehingga lebih menghargai akan pentingnya hal tersebut bagi kesehatan. Komit dengan kebiasaan-kebiasaan tadi sampai kembali ke rutinitas Anda akan membuat tubuh—dan pekerjaan—berterima kasih!

 

Previous Article
7 Buku Teman Summer Vacation Anda
7 Buku Teman Summer Vacation Anda

Buku seru untuk menemani Anda berjemur di pinggir pantai.

Next Article
7 Festival Yang Hanya Bisa Dinikmati di Banyuwangi
7 Festival Yang Hanya Bisa Dinikmati di Banyuwangi

Masih ada waktu untuk memesan tiket penerbangan ke Banyuwangi sampai akhir tahun ini.

Want more?

Visit our site

Discover