Tujuh Spot Menyaksikan Lumba-lumba di Habitat Aslinya

Ketika masih kecil, Anda mungkin pernah dibawa mengunjungi sirkus atau tempat wisata dengan atraksi lumba-lumba. Binatang cerdas ini, memang bisa dilatih dan mengikuti panduan dari sang pawang. Namun, tentu akan berbeda rasanya jika menyaksikan atraksi mereka di habitat aslinya. Di perairan lepas, Anda bisa menyaksikan betapa bahagianya mereka berenang dan berloncatan dengan bebas.

Kendati tidak setiap saat mereka bisa menampakkan diri, tidak ada salahnya Anda berkunjung dan menikmati beberapa habitat lumba-lumba berikut.

 

1. Pantai Lovina, Bali

Foto: www.bali.panduanwisata.id

Inilah salah satu tempat populer menyaksikan atraksi lumba-lumba di alam liar. Setidaknya, ada sekitar 500 hingga 1.000 ekor lumba-lumba yang hidup dan berkeliaran di sana. Kalau ingin menyaksikan langsung, harsu sudah bersiap-siap naik perahu kecil sejak pukul setengah enam pagi.

 

2. Teluk Kiluan, Lampung

Foto: www.travelingwisata.com

Lokasinya ada di Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus. Dari kota Bandar Lampung, jaraknya sekitar 80 kilometer. Adapun Teluk Kiluan merupakan habitat dari beberapa jenis lumba-lumba, seperti lumba-lumba hidung botol dan lumba-lumba paruh panjang. Para wisatawan dapat menikmati atraksi keduanya di pagi hari.

 

3. Pulau Peucang, Banten

Foto: www.dolandolen.com

Jika ditelisik, mungkin bisa dikatakan--hanya dua spot wisata dunia yang menyajikan pengalaman berenang bareng lumba-lumba. Pertama, Florida dan kedua: Pulau Peucang. Kendati belum banyak diketahui para wisatawan, di sana Anda bisa berenang dan snorkeling bareng lumba-lumba di laut lepas. Adapun selain itu, sekadar trekking atau menikmati wisata pulaunya pun sudah cukup.

 

4. Derawan, Kalimantan Timur

Foto: www.reyginawisataindonesia.blogspot.com

Pesona perairan Kepulauan Derawan, Berau, Kalimantan Timur memang sudah tidak diragukan lagi. Nah, sebagai nilai plus, di sana--Anda  bisa berjumpa dengan kawanan lumba-lumba yang berenang bebas di sekitar perairannya. Biasanya, Anda bisa menjumpai mereka dalam perjalanan dari atau ke Pulau Maratua.

 

5. Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur

Foto: www.arontik.blogspot.co.id 

Bukan hanya komodo yang bisa Anda jumpai di sana, melainkan juga lumba-lumba. Biasanya, mereka akan ke luar, berenang, dan melakukan aktivitasnya pada pagi hari. Oh ya, lumba-lumba di sana biasanya terlihat di perairan menuju Pulau Padar dan Pulau Kalong.

 

6. Pulau Siladen, Sulawesi Utara

Foto: www.initempatwisata.com 

Jarang terdengar, sebetulnya Siladen adalah satu pulau yang ada di kawasan Taman Nasional Bunaken. Nah, selain keindahan alam bawah lautnya, jika beruntung, Anda juga bisa bertemu dengan sekawanan lumba-lumba yang asyik berenang. Biasanya, mereka akan muncul ketika ada kapal berlayar di perairan Siladen. Seolah ingin mengiringi perjalanan Anda--mereka bahkan akan berenang dan mengerubungi kapal!

 

7. Perairan Misool, Raja Ampat, Papua

Foto: www.fun-adventure.com

Kaya akan biota laut, Perairan Misool juga menjadi satu spot paling pas untuk menyaksikan lumba-lumba. Apalagi, perairan ini juga populer akan lautnya yang masih jernih. 

Previous Article
Delapan Wisata Kebun Bunga Cantik Indonesia
Delapan Wisata Kebun Bunga Cantik Indonesia

Tidak harus pergi ke luar negeri untuk menikmati hamparan kebun bunga berwarna-warni. Toh, Anda bisa pergi ...

Next Article
Kapan Waktu yang Tepat untuk Membeli Tiket Pesawat?
Kapan Waktu yang Tepat untuk Membeli Tiket Pesawat?

Mendapatkan tiket pesawat dengan harga terjangkau memang butuh strategi. Salah satunya, memilih tanggal per...

Want more?

Visit our site

Discover