Water Traveling Bagus Untuk Kesehatan Jiwa

March 31, 2016 Fani Rachmita

Ingin liburan sembari menenangkan diri? Water traveling bisa menjadi alternatif pilihan Anda. Kenapa? Karena banyak penelitian menunjukkan kalau air bisa menjadi salah satu terapi untuk keseimbangan jiwa. (sumber: huffington post)

Mungkin Anda sendiri pernah merasakan kalau berada di sekitar air akan membuat kita lebih tenang dan bahkan menstimulasi kreatifitas. Sebuah studi terbaru menunjukkan kalau orang yang hidup dekat laut mempunyai perasaan yang jauh dari stress dan kesehatan yang lebih baik dibanding yang tidak. Namun lucunya, para environmental psychologist pun belum menemukan alasan mengapa air dapat memberikan rasa tertentu pada jiwa dan mental. Meski begitu, mereka sudah dapat memastikan kalau air memang memberikan efek-efek yang jelas pada mental dan tubuh Anda seperti yang dijabarkan di bawah ini.

 

Air membuat Anda lebih tenang

Air memberikan Anda ketenangan, memberikan kesempatan untuk Anda melepas ketegangan dari aktifitas monoton sehari-hari. Banyak emosi yang bisa dihasilkan saat Anda sedang berada atau dikelilingi air. Perpaduan air, udara dan suara akan memberikan rasa hening dan ketenangan jiwa.

Diskon 40% 1 Sesi Scuba Diving dari DeepSea Dive

 

Gelombang otak lebih santai

Bahkan saat Anda dalam posisi mengapung bersantai di air, gelombang otak Anda yang aktif dapat menjadi lebih tenang dan melambar. Gelombang yang melambat ini akan memberikan sensasi lebih dari relaksasi, bahkan dapat melepas ide-ide kreatif Anda.

Diskon 40% Entrance Fee Rooftop Swimming Pool dari Oktroi Plaza

 

Perasaan Megah

Pernahkah Anda menyadari, saat sedang berada di lautan atau berenang di danau atau kolam renang yang besar, Anda akan merasakan suatu kemegahan dalam otak Anda. Anda akan merasa sangat kecil di dunia yang sangat besar. Merasakan kemegahan atau perasaan kagum dan inspiratif ternyata dapat membuat otak Anda lebih bahagia, Anda juga akan terbebas dari stress dan lebih kreatif.

Diskon 66% 2D1N Trip ke Pulau Harapan dari Kitasuka Travel

 

 

Meditatif

Keadaan meditatif yang tercipta karena Anda berada di sekitar air juga berhubungan dengan membuat otak dalam posisi default yang dapat menyebabkan atau menstimulasi Anda untuk berkhayal dengan cara yang tak biasa bila dibanding dengan bagaimana Anda berkhayal saat sedang fokus dengan hal lain. Efek lain yang dapat Anda rasakan juga adalah perasaan yang lebih tenang.

Diskon 50% Rafting ke Cianten Ciampea Bogor River dari C-Aventure Rafting

 

Relaksasi

Ditemukan, bahwa kegiatan relaksasi di atas air (mengapung) akan memberikan sensasi tak hanya pada otak namun juga tubuh. Dikatakan, saat Anda mengapung, suhu kulit yang sama dengan air akan memberikan perasaan ringan yang luar biasa menenangkan. Tak peduli di mana pun Anda melakukannya, di pinggir kolam renang, di atas ban yang mengapung di kolam renang atau di sisi pantai, efek yang menenangkan ini akan pasti Anda rasakan.

Diskon 40% Paket Tour Virgin Beach Pulau Pari dari 1000 Nice Tours

 

 

Previous Article
Ekowisata Bersama Leonardo DiCaprio
Ekowisata Bersama Leonardo DiCaprio

Ikuti jejaknya, lestarikan alam segera.

Next Article
Jelajah Goa di Yogya
Jelajah Goa di Yogya

Pernahkah Anda berpikir untuk menjelajahi gua layaknya manusia gua di zaman dahulu kala? Anda yang suka tan...

Want more?

Visit our site

Discover