Wisata Arkeologi ke Situs Gunung Padang

September 8, 2015 Josefine Yaputri
Provinsi Jawa Barat memang memiliki banyak tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi. Salah satu yang harus Anda tuju adalah Situs Gunung Padang.

Sumber: Wikipedia

Sesuai namanya, Situs Gunung Padang berbentuk seperti gunung dan memiliki padang rumput yang hijau. Di lokasi inilah, berada situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum. Secara administratif, Situs Gunung Padang berada di perbatasan antara Dusung Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur. Dengan luas kompleks utama kurang lebih 900 meter persegi yang berlokasi pada ketinggian 885 meter di atas permukaan laut, Situs Gunung Padang yang luasnya sekitar 3 hektar ini telah menjadi Kompleks Punden Berundak terbesar se-Asia Tenggara.

Sumber: Indonesia Travel

Sumber: Berita Satu

Sumber: Indonesia Travel

Keberadaan Situs Gunung Padang sendiri pertama kali dilaporkan pada tahun 1914 yang dimuat pada Buletin Dinas Kepurbakalaan yang bernama Rapporten van de Oudheidkundige Dienst. Setelahnya, sejarawan Belanda yang bernama N. J. Krom juga menyebutkan tentang Situs Gunung Padang pada tahun 1949. Setelah beberapa saat "terlupakan", akhirnya Situs Gunung Padang pun dikaji kembali menurut laporan tiga penduduk setempat pada tahun 1979. Hingga saat ini, Situs Gunung Padang cukup ramai dikunjungi, terutama oleh para arkeolog dan peminat sejarah.

Ingin wisata arkeologi ke Situs Gunung Padang?

Previous Article
Wisata Pantai dan Sejarah di Pulau Kelor
Wisata Pantai dan Sejarah di Pulau Kelor

Yuk, berwisata pantai dan sejarah di Pulau Kelor!

Next Article
Melihat Hijaunya Kawasan Situ Patenggang
Melihat Hijaunya Kawasan Situ Patenggang

Mari melihat kawasan Situ Patenggang yang hijau.

Want more?

Visit our site

Discover