Wisata Belanja yang Tidak Biasa di Pasar Bolu

September 3, 2015 Josefine Yaputri

Saat berwisata ke Sulawesi Selatan, Anda tidak hanya bisa berwisata ke Kota Makassar, tapi juga bisa ke Tana Toraja. Tana Toraja sendiri terkenal akan kebudayaannya yang masih sangat asli dan kuat. Salah satu yang membuat Tana Toraja menjadi khas adalah Pasar Bolu, di mana Anda bisa melakukan wisata belanja yang amat tidak biasa.

Sumber: Bonga Toraja

Berbeda dengan pasar tradisional pada umumnya, Pasar Bolu hanya dibuka seminggu sekali. Pasar ini menjual kebutuhan sehari-hari, dari ikan, sayur-sayuran, buah-buah, dan segala kebutuhan pokok. Akan tetapi, selain barang-barang yang lazim tersebut, Pasar Bolu yang berada sekitar 2 kilometer di timur laut Rantepao juga menjual berbagai hewan ternak, seperti babi, juga kerbau. Terutama kerbau, hewan-hewan ternak 'besar' yang dijual di Pasar Bolu bukan 'digunakan' untuk kebutuhan sehar-hari melainkan untuk memenuhi kebutuhan upacara pemakaman adat.

Sumber: Wikipedia

Sumber: Geolocation

Sumber: Panoramio

Sumber: Detik Travel

Pada hari pasar dibuka, jumlah kerbau yang diperjualbelikan bisa mencapai 500 ekor. Kerbau-kerbau Tana Toraja pun sudah dikenal khas, dimana yang 'biasa' alias kerbau hitam yang berukuran kecil dijual mulai dari 5 juta rupiah. Sedangkan untuk kerbau hitam berukuran besar dijual seharga 10 hingga 15 juta rupiah. Sementara untuk kerbau berwarna belang atau yang dikenal sebagai Tedong Bengo dijual seharga puluhan juta rupiah dan kerbau albino yang amat sangat langka bisa dijual hingga ratusan juta rupiah. Harga dan komoditi yang sangat tidak biasa, bukan? Jika Anda ingin membeli kerbau di Pasar Bolu tentu membawa uang ratusan ribu rupiah tidak akan cukup. Dan bila Anda ingin membeli oleh-oleh, di Pasar Bolu, Anda bisa membeli kopi khas Tana Toraja yang berjenis robusta dan arabika. Selamat berwisata di Pasar Bolu!

Previous Article
Melihat Megahnya Tembok Besar Cina
Melihat Megahnya Tembok Besar Cina

Mari berwisata ke Tembok Besar Cina yang terkenal.

Next Article
Merasakan Bulan Madu Indah di Maldives
Merasakan Bulan Madu Indah di Maldives

Berbulan madu di Maldives? Kenapa tidak?

Want more?

Visit our site

Discover