Wisata Candi di Jawa Timur, Yuk!

August 7, 2015 Josefine Yaputri

1. Candi Singosari

Sumber: Wikipedia

Terletak di Desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Candi Singosari merupakan sebuah Candi Hindu-Budha yang dibangun pada 1300 masehi. Candi ini juga kerap dikenal sebagai Candi Ken Dedes. Yang membuat candi ini khas adalah relief cantik yang menceritakan tentang kebesaran Kerajaan Singosari. Disusun dari batu bata merah, candi ini merupakan tempat "pendharmaan" bagi Raja Singosari terakhir, yaitu Sang Kertanegara yang wafat pada tahun 1292.

2. Candi Jago

Sumber: Meilani Wulandari

Terletak di Desa Tumpang, sekitar 18 kilometer dari Kota Malang, Jawa Timur, Candi Jago merupakan sebuah Candi Budha yang dibangun pada tahun 1268. Cand ini dibangun untuk menghoramat raja Kerajaan Singosari yang keempat, yaitu Vishnuvardhana. Meskipun kondisi candi tidak terlalu bagus, namun di candi ini masih ada banyak ukiran-ukiran yang menarik yang bisa Anda lihat, seperti kisah Mahabrata dan Jataka. Selain itu, di dalam candi, Anda juga bisa menemukan patung-patung Hindu-Jawa.

3. Candi Penataran

Sumber: Flick River

Disebut-sebut sebagai kompleks candi terbesar di Jawa Timur, Candi Penataran merupakan sebuah candi tempat pemujaan agama Hindu Siwa. Candi ini terletak di lereng barat daya Gunung Kelud, serta berada di sebelah utara Kota Blitar. Candi Penataran mulai dibangun pada masa Kerajaan Kediri, yaitu pada 1194 masehi, dan digunakan hingga masa kerajaan Majapahit. Candi ini dinamakan Candi Penataran karena melambangkan penataan pemerintahan kerajaan-kerajaan yang ada di Jawa Timur. Awalnya, candi ini bernama Candi Palah. 

4. Candi Kidal

Sumber: Trip Trus

Satu lagi, candi warisan Kerajaan Singosari. Terletak di Desa Rejo Kidal, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Candi Kidal merupakan sebuah candi yang dibangun sebagai penghormatan untuk jasa besar Anusapati, raja kedua Kerajaan Singosari. Pada tahun 1990, candi ini dipugar. Di dalam candi, Anda bisa melihat cerita Garudeya, cerita mitologi Hindu, yang berisi pesan moral mengenai pembebasan perbudakan.

Previous Article
Canggihnya Rumah Adat Tradisional Woloan
Canggihnya Rumah Adat Tradisional Woloan

Siapa sangka, rumah tradisional ini sangat canggih dan melampaui teknologi!

Next Article
5 Pantai Cantik Jawa Timur
5 Pantai Cantik Jawa Timur

Mantai di Jawa Timur, yuk!

Want more?

Visit our site

Discover