Wisata Gunung di Jawa Tengah

July 24, 2015 Josefine Yaputri

1. Dataran Tinggi Dieng

Sumber: Aneka Tempat Wisata

Dataran Tinggi Dieng merupakan kawasan vulkanik aktif dan bisa disebut sebagai gunung api raksasa yang memiliki beberapa kepundan kawah. Dieng, begitu biasa disebut, berada di ketinggian 2.100 meter di atas permukaan laut dan terkenal akan hawa dinginnya. Jika Anda tertarik untuk datang ke Dieng, Anda bisa mengunjungi Telaga Warna yang cantik dan terkenal. Telaga tersebut memiliki warna yang bervariasi yaitu, merah, biru, hijau, putih, dan lembayung.

2. Gunung Lawu

Sumber: Maestro Bali

Jika Anda seorang pendaki gunung sejati, tentu sudah familiar dengan Gunung Lawu. Gunung Lawu sendiri terletak di arah Timur Laut Kota Solo dan terkenal akan pemandangannya yang indah. Gunung ini memiliki tiga puncak, yaitu Puncak Hargo Dumillah, Puncak Hargo Dalem, dan Hargo Dumiling. Untuk mencapai puncak gunung yang memiliki ketinggian 3.265 meter di atas permukaan laut ini, Anda bisa memilih salah satu di antara dua jalur pendakian yang ada, yaitu Jalur Cemoro Sewu dan Jalur Cemoro Kandang. 

3. Gunung Merbabu

Sumber: Waktoe

Pada awalnya, Gunung Merbabu dikenal melalui naskah-naskah pra-Islam sebagai Gunung Damalung atau Gunung Pam(a)rihan. Gunung yang terletak di tiga wilayah kabupaten Jawa Tengah sekaligus ini cukup terkenal di kalangan para pendaki. Jika Anda ingin mendaki Gunung Merbabu, ada tiga jalur pendakian yang bisa kamu pilih, yaitu Jalur Kopeng Thekelan, Jalur Wekas, dan Jalur Kopeng Cunthel. Tertarik?

4. Gunung Slamet

Sumber: Info Tegal

Gunung Slamet merupakan gunung berapi tertinggi di Jawa Tengah dengan ketinggian 3.423 di atas permukaan laut. Karena tingginya tersebut, tidak mengherankan bila pendakian di gunung ini terkenal cukup rumit. Tertarik mendaki Gunung Slamet? Anda harus siap menghadapi kondisi yang ada, seperti keterbatasan sumber air dan kabut yang pekat. Dan jika tengah berada di kaki Gunung Slamet, jangan lupa mampir ke Air Guci

5. Gunung Sindoro

Sumber: Trik Alfanetcell

Gunung Sindara atau yang biasa disebut Sindoro terletak di Kabupaten Temanggung. Gunung ini merupakan sebuah gunung merapi aktif yang memiliki ketinggian 3.150 meter di atas permukaan laut. Di sisi barat laut ke arah selatan Gunung Sindoro, Anda dapat menemukan kawah beserta jurang, dimana yang terbesar disebut Kembang. Jika Anda seorang pendaki yang tidak kuat udara dingin, sebaiknya kamu membawa jaket yang sangat tebal ketika mendaki gunung ini karena suhu di pagi hari bisa sangat rendah, yaitu mencapai 2 derajat celcius. 

Previous Article
Makam Bersejarah di Jawa Tengah
Makam Bersejarah di Jawa Tengah

Wisata sejarah tidak harus selalu ke museum, kunjungi makam-makam yang ada di Jawa Tengah ini.

Next Article
5 Air Terjun di Jawa Tengah yang Akan Membuatmu Ternganga
5 Air Terjun di Jawa Tengah yang Akan Membuatmu Ternganga

Keindahan 5 air terjun ini akan membuatmu terngaga.

Want more?

Visit our site

Discover