Yuk Rekreasi Weekend Seru Di 5 Taman Terbuka

January 9, 2015 Oktavia Arief

Tidak terasa ya besok weekend. Mau pada kemana? Sudah ada rencana? Menghabisi waktu luang ke mall di hari weekend pastinya sudah sangat mainstream bukan? Nah, weekend kali ini kita bisa merasakan suasana yang baru. Jika Eropa punya banyak taman bunga terbuka dan Singapore punya Gardens by the bay, kita pun punya taman bunga atau open space yang berlokasi sekitaran Jakarta, Bandung dan Bogor lho. Menghabisi waktu luang ke taman bisa menjadi sarana rekreasi baru, selain untuk tempat bermain dan olahraga, taman yang berfungsi sebagai penghijauan juga bisa melestarikan ekosistem lingkungan dan menghadang keramaian kota. Yuk kita simak beberapa taman bunga di sekitar Jakarta, Bandung dan Bogor.

 

Taman Bunga Nusantara

Siapa yang suka bunga? Aku suka dan pasti kalian juga suka kan? Apalagi para ladies out there. Untuk yang suka bunga, Taman Bunga Nusantara punya ribuan jenis bunga dari berbagai negara lho. Taman bunga indah memang banyak di Eropa, tetapi Taman Bunga Nusantara pun tidak kalah bagusnya. Hanya berjarak sekitar 3 jam dari Jakarta, kita bisa menikmati berbagai variasi bunga-bunga cantik nusantara. Taman Bunga Nusantara terletak di Jl. Mariwati km 7, Cipanas, Cianjur dan mempunyai luas 23 hektar. Tak heran ya kalau lahannya sangat luas, karena disini kita bisa menikmati berbagai fasilitas seru, dari air mancur musical, danau angsa, alam imajinasi, menara pandang dan juga maze garden. Biaya masuk per orang juga termasuk murah, hanya dengan 30 ribu kita bisa menikmati penghijauan dan melihat bunga-bunga cantik seperti di Eropa.

 

Taman Bunga Wiladatika

Taman Bunga ini terletak di dekat Bumi Perkemahan tepatnya di Jl. Jambore No.1, Cibubur. Area open space yang luasnya 32 hectar ini memiliki udara yang cukup sejuk. Taman ini juga dijadikan tempat Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pramuka Nasional. Sarana permainan disini juga lumayan banyak, seperti outbond, tenis, gua kecil, becak mini, bola air dan perahu kecil, bahkan kita juga bisa berenang. Ikon di Taman Wiladatika ini adalah air mancur yang sering dijadikan tempat syuting dan foto prewedding. Boleh juga kayaknya sekedar foto-foto narsis di tempat ini. Banyak bangku disediakan sehingga kita bisa duduk santai di sekeliling air mancurnya.

 

Taman Buah Mekarsari

Taman buah ini terletak di Jl. Cileungsi Jonggol KM 3 Bogor. Untuk mengelilingi kebun buah ini, kita bisa dipandu oleh guide dengan bus terbuka, karena kebun ini memiliki luas 264 hektar. Disini kita juga bisa melakukan aktifitas seperti outbond, wahana wisata air, panen buah, sewa kano dan perahu. Tiket masuk per orang dikenai biaya 25 ribu dengan sistem ticketing secara elektronik. Selain menikmati buah-buah, disini kita juga bisa langsung memilih dan membeli buah yang fresh. Bagi yang ingin belajar, kita juga bisa lho menyimak proses penanaman pohon. Buah-buah langka pun bisa ditemukan seperti kesemek dan sawo. Menarik kan?

 

Alun-Alun Bandung

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil memang sedang gencar membuat taman open space di kota kembang Bandung. Selain udara Bandung sangat sejuk, taman ini berfungsi sebagai paru-paru kota. Wali Kota ingin jadikan Alun-Alun sebagai pusat hiburan ruangan terbuka dengan dihiasi bunga-bunga cantik yang juga akan melambangkan kota kembang Bandung.

Masyarakat di Bandung maupun pendatang dari luar kota Bandung bisa berpiknik ria dan menikmati udara segar bersama keluarga atau teman. Jangan lupa ya, memasuki area alun-alun harus dengan kaki telanjang alias nyeker supaya tidak merusak tanaman sekitar. Oh ya, disini juga disarankan agar membawa tas plastik untuk membuang sampah maupun menyimpan sepatu agar keasrian taman akan selalu terjaga dengan baik. 

 

Kebun Begonia Lembang

Jika di Cianjur ada Taman Bunga Nusantara, di Bandung pun ada Kebun Begonia. Kebun ini berlokasi di Jl. Maribaya No. 120A, Bandung, yang berada di ketinggian 1.200 diatas permukaan laut.  Suasana pegunungan yang adem ayem bisa dirasakan disini. Selain banyak tanaman bunga, ada juga kebun buah dan sayurnya. Makanan tradisional dan western pun tersedia di Café Kebun Begonia. Eits, siapa yang kalau makan suka ga habis dan akhirnya dibuang? Makanan yang kita makan di Café Kebun Begonia ini harus dihabiskan, bagi yang ga habis tenyata ada hukumannya. Berbagai aktifitas seru pun bisa kita lakukan di sini. Kita bisa melakukan outbond dengan konsep Fun Treasure Hunt. Permainan problem solving seperti Pinnata Tomat Cherry, Farm Trekking, Secret Passage dan Puzzle Treasure Games ini berada di tengah kebun. Ada juga permainan yang ga kalah serunya yang biasa dilakukan anak-anak jaman sekarang itu lho, apalagi kalau bukan Tongsis Games. Unik kan? Tiket masuk ke Kebun Begonia hanya 10 ribu per orang. Wah kayaknya seru banget outing bareng temen atau kolega kantor nih. 

Previous Article
5 Tujuan Anti-Mainstream di Hari Valentine.
5 Tujuan Anti-Mainstream di Hari Valentine.

5 Tujuan Anti-Mainstream di Hari Valentine. Grivy mengadari kontes foto valentine dan menangkan 2 tiket jav...

Next Article
AYO MERIAHKAN TAHUN BARU 2015 - BETTER LATE THAN NEVER
AYO MERIAHKAN TAHUN BARU 2015 - BETTER LATE THAN NEVER

Tahun Baru hanya dalam hitungan jam! Traveler pasti sudah menyiapkan rencana...

Want more?

Visit our site

Discover